Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Achmad Agil Saputra

Resensi Kitab Mustholahul Hadits wa Takhrij Hadits

Agama | Saturday, 04 Nov 2023, 16:18 WIB

Judul Kitab : Mushtholah wa Takhrij Al-Hadits

· Penulis : Prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A dan KH. Abdul Syukur, M.A

· Penerbit : Jejak Pustaka

· Cetakan : Agustus 2023

· ISBN : 978-623-183-483-6

· Tebal Halaman : 245 halaman

· Lebar : 14 cm

· Panjang : 21 cm

Sinopsis Kitab

Kitab ini menjelaskan kandungan Ilmu Mushtholah Al-Hadits yang merupakan suatu bayan atau penjelasan ulang dari sebuah karya tulis berbahasa Arab yang berjudul ‘Ilm Mustalah al-Hadits, Ilm al-Takhrij Wa al-Ta’arruf Ala Kutub al-Hadits dalam kitab al-jadawil al-jamiah fi al-ulum an-nafiah. Karya aslinya disusun oleh Dr. Jasim bin Muhammad bin Muhalhal al yasin dan beberapa mahasiswanya yang dipilih untuk menunjang dalam penulisan tersebut.

Resensi Kitab

Kitab Mushtholah wa Takhrij Al-Hadits, adalah kitab Mushtholah al-Hadits yang di susun oleh Prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A dan KH. Abdul Syukur, M.A secara singkat dan jelas. Kitab ini mengandung penjelasan ilmu mushtholah al-Hadis dan Takhrij al-Hadits yang digunakan untuk mengetahui penjelasan hadits dari segi dirayah.

Belajar Ilmu Hadits penting sekali karena sangat dibutuhkan di fase sekarang ini. Dengan mengkaji Mushtholah al-Hadits, seorang muslim khususnya mahasiswa di perguruan Tinggi Islam dapat memahami dan membandingkan suatu hadits apakah itu perbuatan yang dilakukan benar-benar bersumber dari Sunnah Nabi atau bukan. Pada Zaman ini, Arus informasi semakin mudah diakses dan berkembang, membuat kita harus lebih teliti dan berhati-hati dalam menyeleksi suatu hadits agar kita tidak jatuh pada perkara yang salah (Hoax).

Kelebihan Kitab

Kitab ini cocok sekali bagi mahasiswa yang mau belajar secara otodidak. Penulis mempersembahkan kitab ini ke dalam beberapa bab yang berurut antar babnya. selain itu, kitab ini mengandung metode penulisan suatu kitab secara ringkas sehingga kita dapat membedakan ciri khas kitab satu sama lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image