Tim Garuda UNY Raih Tiga Gelar Juara di KMHE 2023

Info Kampus  
Tim Garuda UNY merayakan kemenangan. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Tim Garuda UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) berhasil meraih tiga gelar juara pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023 Sabtu - Jumat (28/10 - 3/11/2023) di Ancol Jakarta. Gelar Juara I diraih Garuda UNY Eco Team I di kelas Urban Concept MPD Etanol, Garuda UNY Eco Team II di kelas Urban Concept Motor Listrik menjadi Juara 2, dan kedua mobil Juara 2 ECO Race KMHE 2023 untuk mobil listrik.

Ketua Garuda UNY Eco Team I, Irvanda Sri Purwanto mengatakan mobilnya berhasil menjadi juara setelah mencetak rekor capaian 427,7 kilometer per liter. Rekor sebelumnya, hanya 270 kilometer per liter yang dicetak di KMHE 2019 di Universitas Negeri Malang.

BACA JUGA : UNY Turunkan Dua Mobil di Kontes Mobil Hemat Energi 2023 di Jakarta

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Prestasi ini berkat keunggulan teknis, strategi dan semangat yang luar biasa” kata Irvanda mahasiswa S1 Pendidikan Otomotif, Fakultas Teknik UNY, Jumat (3/11/2023).

Sedang Garuda UNY Eco Team II meraih gelar Juara 2 di kelas Urban Concept Motor Listrik dengan capaian 161,5 km/KWh. Kedua mobil juga berhasil masuk dalam ECO Race dan berhasil mendapatkan juara 2 ECO Race KMHE 2023 untuk mobil listrik.

Ketua Garuda UNY Eco Team II, Sultan Muhammad Yusuf, Garuda UNY Team berhasil menyatukan inovasi dan keberlanjutan dalam mobil yang bertenaga energi terbarukan terutama etanol dan listrik.

Sultan, mahasiswa D4 Mesin Otomotif, menambahkan kompetisi ini bertujuan untuk menguji efisiensi bahan bakar kendaraan. Tim Garuda UNY mengirimkan dua mobil berbasis energi terbarukan, salah satunya menggunakan etanol dan yang lainnya menggunakan motor listrik.

BACA JUGA : Pesawat Flywing Mahasiswa UNY Berbahan Komposit Serat Rami

Tim Garuda UNY berhasil mengatasi 18 tikungan menantang di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Lintasan JIEC berbentuk mirip kuda lumping dan membentang di atas lahan seluas 35 hektare dengan panjang lintasan mencapai 2,4 kilometer.

Dosen Pendamping, Dr Sutiman mengatakan Tim Garuda UNY mengikuti KMHE bertujuan menjadi agen perubahan dalam mengatasi krisis energi global. Selain itu, juga berpartisipasi dalam pengembangan teknologi otomotif hemat energi. “Mereka ingin memberikan kontribusi pada kemajuan bangsa dan negara Indonesia dengan teknologi ramah lingkungan” kata Sutiman.

Menurut Sutiman, kemenangan ini bukan hanya prestasi bagi tim saja, tetapi juga kontribusi berharga dalam pengembangan teknologi ramah lingkungan dan hemat energi di Indonesia.

Sementara Dr Zainal Arifin, dosen Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik UNY mengatakan Tim Garuda UNY membuktikan berkat kerja keras, semangat yang tinggi, dan dedikasi untuk inovasi dapat mencapai solusi yang lebih berkelanjutan dalam kendaraan masa depan.

“Kemenangan Tim Garuda UNY adalah inspirasi bagi semua generasi muda Indonesia untuk berpartisipasi dalam upaya penanggulangan krisis energi global. Tim Garuda UNY telah membuktikan juara adalah tradisi. Selanjutnya, siap melakukan inovasi yang lebih ke depannya” kata Zainal Arifin. (*)

BACA JUGA : Laptop Shield untuk Reduksi Radiasi EMF Inovasi Mahasiswa UNY

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image