Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Revitalisasi Bukit Lereng Sentono untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan dan Ekosistem

Edukasi | Thursday, 02 Nov 2023, 08:23 WIB
Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Masyarakat Revitalisasi Bukit Lereng Sentono (Dok. Istimewa)

Tim Pelaksana Dahlan Muda Mengabdi (DMM) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan kegiatan revitasliasi dengan masyarakat Lereng Sentono pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Mereka mengusung konsep padat karya, yakni dengan menggunakan tenaga manual manusia sebagai tenaga utamanya, sehingga kebersamaan akan selalu hadir dan jiwa gotong royong akan selalu ada serta terjalin.

Kegiatan ini difungsikan untuk merevitalisasi bukit Lereng Sentono. Prosesnya dimulai dengan mengangkat bebatuan besar di depan Pendopo Lereng Sentono, memecahkan bebatuan, menghias lokasi, hingga membakar dedaunan kering di sekitar terasering Lereng Bukit Sentono. Dengan peralatan seadanya seperti cangkul, sabit, serta arit, masyarakat setempat serta tim pelaksana mulai melakukan pekerjaan tersebut dengan lancar dan sukses.

Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. selaku Kepala Lurah Kalurahan Pleret pun turut hadir dalam kegiatan revitaslisasi tersebut. Ia memberikan sejumlah insentif tambahan senilai Rp1.000.000,00 yang diberikan langsung secara tunai kepada salah satu perwakilan warga kerja bakti Lereng Gunung Sentono.

“Semoga dengan ini dapat menambah semangat panjenengan sekalian dalam kegiatan ini, terserah mau dipakai buat nambah beli kaus atau masuk kas. Semoga bermanfaat, terima kasih.”

Perlu diketahui, tujuan dari kegiatan di Lereng Sentono tak lain dan tak bukan adalah agar wisata tersebut dapat aktif kembali serta menarik daya minat wisatawan. Lereng Sentono merupakan destinasi wisata baru yang nantinya akan dikembangkan oleh desa seperti area outbound atau aktivitas lainnya. Tentu hal ini merupakan bentuk kepedulian untuk menjaga kelestarian lingkungan serta menjaga ekosistem agar tetap asri. (roy)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image