Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Komitmen Oke, Sukses Oyeeee!

Sana Sini | Wednesday, 01 Nov 2023, 21:21 WIB

Assalamu’alaikum, wr.wb.

Selamat malam pembaca yang Budiman.

Malam ini, saya mengikuti pertemuan kedelapan Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) Gelombang 30. Acara ini dilaksanakan melalui zoom pukul 19.00 WIB, dengan Bapak Sim Chung Wei, SP, yang memegang peran sebagai moderator berpengalaman. Sementara itu, Bapak Drs. Dedi Dwitagama, M.Si., menjadi narasumber yang sangat menginspirasi.

Sumber : KBMN30PGRI

Dalam pertemuan Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) Gelombang 30, beberapa poin penting dibahas:

  1. Kebutuhan Akan Komitmen: Dalam meniti keberhasilan dalam menulis, komitmen sangat penting. Komitmen ini akan menjaga niat dan usaha kita untuk mencapai impian dalam menulis.
  2. Menulis dengan Inspirasi: Kita diajak untuk menulis setiap inspirasi yang kita temukan, tanpa menunggu tulisan sempurna. Tuliskan, tayangkan, dan unggah. Jangan ragu untuk menulis tentang keseharian, dan jika perlu, ubah menjadi fiksi agar tidak menyinggung pihak terkait.
  3. Keunggulan Blog: Pak Dedi menyoroti keunggulan blog sebagai diari yang bisa diakses oleh orang di seluruh dunia. Blog lebih awal ada dibanding platform media sosial lainnya. Dengan blog, kita bisa mendapatkan penghasilan, dan blog dapat dibaca tanpa biaya atau unduhan. Blog juga merupakan alat perekam yang baik.
  4. Manfaat Menulis di Blog: Terdapat banyak manfaat dari menulis di blog, seperti kesempatan untuk keliling dunia, mendapatkan keberuntungan, dan berbagi pengetahuan. Pak Dedi menekankan bahwa kesuksesan dalam menulis memerlukan waktu dan proses, bukan hasil instan.
  5. SEO dan Pencarian Google: Untuk muncul di hasil pencarian Google, rajin menulis sangat penting. Judul yang menarik dan penggunaan kata kunci yang relevan sangat dibutuhkan.
  6. Mengatasi Tantangan: Tantangan dalam menulis di blog, termasuk menghadapi kebutuhan untuk terus melahirkan tulisan. Ini adalah proses yang memerlukan komitmen.
  7. Mempromosikan Tulisan: Ada beberapa cara untuk mempromosikan tulisan, termasuk memanfaatkan grup WhatsApp, membagikan link di berbagai media sosial, atau menugaskan tugas kepada anak didik di blog.
  8. Kesimpulan dan Harapan: Semua peserta diharapkan terus menulis, mengasah kemampuan, dan berani mencoba hal-hal baru. Setiap kata yang tercipta adalah langkah menuju kesempurnaan.

Beberapa resum dari penanya malam ini :

1. Kita dapat mulai menulis dari pengalaman sehari-hari yang Kita alami, kemudian tuangkan ke dalam blog tanpa masalah, seperti ketika Kita berinteraksi dengan murid-murid Kita. Jika itu adalah pengalaman baik, silakan tuliskan. Namun, jika Kita khawatir bahwa subjek tersebut mungkin tidak ingin terlalu terbuka, Kita bisa mengubahnya menjadi cerita fiksi dengan mengubah nama dan lokasinya.

2. Agar banyak pengunjung ada beberapa trik : buat judul yang menarik dan banyak dicari oleh orang. Manfaatkan grup di WhatsApp yang ada. Misalnya, saya baru saja mengikuti kelas KBMN dengan narasumber dan moderator yang sangat menginspirasi. Saya beruntung mendapatkan kaos yang sangat istimewa, langka, dan terbatas. Jika Kita ingin melihat desain kaosnya, silakan klik tautan ke blog saya di bawah ini dan jangan lupa sertakan tautan Kita juga. Bagikan di grup WhatsApp kita.

3. Alternatif lain adalah membagikan tautan blog di platform seperti Instagram, YouTube, Facebook, dan sebagainya.

4. Cara lain yang bisa Kita coba adalah memberikan tugas kepada siswa Kita melalui blog. Misalnya, Kita bisa memberi tugas absen. Dengan begitu, blog Kita akan sering dikunjungi oleh siswa.

5. Di Kompasiana, ada trik seperti mengikuti judul yang sedang tren dan menggunakan tagar yang relevan.

6. Atau Kita bisa menulis tentang sepakbola, yang biasanya banyak diminati oleh pembaca. Tantangan bagi seorang blogger adalah menciptakan tulisan yang berkualitas.

Demikianlah resum pertemuan malam ini, semoga bermanfaat. Aamiin..

Dengan komitmen dan proses, diharapkan kita bisa meraih kesuksesan dalam dunia menulis.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image