UGM Miliki Tujuh Modul Bahasa Asing sebagai Mata Kuliah Pilihan

Info Kampus  
Mahasiswa UGM sedang belajar bahasa asing. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta telah memiliki tujuh modul bahasa asing yang telah digunakan sebagai bahan ajar Mata Kuliah Pilihan Kurikulum (MKPK). Ketujuh modul bahasa asing adalah Modul Bahasa Inggris, Modul Bahasa Perancis, Modul Bahasa Korea, Modul Bahasa Jepang, Modul Bahasa Turki, Modul Bahasa Arab dan Modul Bahasa Mandarin.

”Penyusunan modul literasi bahasa asing sudah rampung. Jadi secara lengkap, pada semester gasal 2023 ini tujuh modul sudah digunakan sebagai bahan ajar literasi bahasa dalam Mata Kuliah Lintas Disiplin (MKDL)” kata Kepala Subdirektorat Pengembangan Pendidikan dan Pengajaran, Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, Ir Endang Sulastri, SPt, MA, PhD, IPM di Yogyakarta, Jumat (27/10/2023).

BACA JUGA : FIB UGM Gelar Talkshow 'Menduniakan Bahasa Indonesia'

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Endang menjelaskan modul tersebut akan ditawarkan pada setiap semester kepada mahasiswa sarjana dan sarjana terapan dalam Mata Kuliah Pilihan Kurikulum (MKPK) Bahasa Asing. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing mahasiswa. Penguasaan bahasa asing menjadi aspek penting dalam menunjang nilai pribadi seseorang termasuk mahasiswa.

Dengan penguasaan bahasa asing, lanjutnya, mahasiswa sebagai calon intelektual dan cendekiawan muda Indonesia dapat langsung mengimplementasikan ilmu yang dipelajarinya di dunia kerja maupun saat terjun di masyarakat. Tak hanya itu, dengan penguasaan bahasa generasi muda diharapkan dapat meningkatkan daya saing bangsa.

Endang menyampaikan peminat mahasiswa yang mengikuti literasi bahasa asing pun sangat mengejutkan. Pada batch pertama tercatat berjumlah 610 orang. Sementara pada batch kedua, peserta meningkat drastis, menjadi 1052 orang. ”Peminatnya meningkat drastis, yang artinya mahasiswa tertarik sekali untuk mempelajari bahasa asing,” kata Endang. (*)

BACA JUGA : Suci Miranda, Dosen UII Raih Hibah Peneliti Muda dari Inggris, Ini Perjuangannya

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image