10 Pondok Pesantren Gratis Terbaik di Indonesia

Image
Vicka Hafsary
Agama | Sunday, 02 Jan 2022, 07:20 WIB

Memasukkan anak ke pondok pesantren adalah salah satu hal yang diinginkan banyak orang tua. Selain bisa memberikan pembelajaran, juga sebetulnya menjadi investasi masa depan orang tua bukan hanya untuk di dunia tapi tentunya di akhirat. Tapi terkadang banyak di antaranya yang tidak sanggup memasukkan anak-anak ke pesantren karena biaya yang mahal. Tapi di era sekarang, kita jangan khawatir karena ada beberapa pilihan rekomendasi pondok pesantren gratis yang bisa kita temui di Indonesia.

Dengan adanya pondok pesantren tanpa biaya alias gratis, setidaknya ini bisa meringankan beban para orang tua. Terutama bagi para orangtua yang memiliki kekurangan dalam hal masalah ekonomi. Mereka tetap bisa memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak mereka dengan memasukkan ke pesantren namun tidak terbebani oleh biaya. Banyak orang baik termasuk juga yayasan yang memberikan layanan terbaik untuk kalangan masyarakat bawah dalam membantu pendidikan anak-anaknya. Salah satu diantaranya adalah dengan adanya Pesantren gratis ini.

Daftar Pondok Pesantren Gratis Terbaik di Indonesia

Di Indonesia sendiri, jumlah pesantren yang tersedia sangat banyak sekali tentunya. Hal ini memungkinkan untuk para orang tua memilih pondok pesantren mana saja. Beberapa diantaranya ada yang tentu mengharuskan kita bayar mahal, tapi juga jangan khawatir karena ada beberapa yang memungkinkan kita untuk bebas biaya tanpa bayar. Berikut adalah daftar pilihan pondok pesantren yang ada di Indonesia gratis tanpa bayar yang dilansir dari situs syariahx resmi:

1. Pesantren Rijalul Quran Gunungpati

Pondok pesantren ini menawarkan program gratis khususnya untuk anak yatim dan juga duafa. Akan tetapi memang ada keterbatasan mengenai siswa yang diterima karena keterbatasan sarana yang dimiliki Pesantren tersebut. Dalam 1 kali penerimaan setiap angkatannya hanya menerima 15-25 santri yang tidak dikenakan biaya alias gratis.

2. Ponpes Al-Firqoh An-Najiyah Malang

Buat Anda yang tinggal di Malang, Ponpes Al-Firqoh An-Najiyah Malang adalah salah satu pilihan yang juga menawarkan program gratis. Beasiswa pendidikan gratis ini diberikan untuk santri tahfidz Quran dan dalam bentuk beasiswa bagi lulusan sMA dan sederajat.

3. Darul Qur’an Li Banat Li Tahfidzil Qur’an

Sesuai namanya, pesantren Darul Qur’an Li Banat Li Tahfidzil Qur’an ini memberikan program gratis 100% biaya pesantren khusus tahfidz Quran. Akan tetapi hanya biaya pendidikan saja yang gratis, sementara untuk biaya kebutuhan harian ditanggung oleh para santri itu sendiri.

4. Pondok Pesantren Al-Haqq

Pondok Pesantren Al-Haqq merupakan salah satu pilihan pesantren yang terletak di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat yang menawarkan program beasiswa gratis. Pondok pesantren yang sudah ada sejak tahun 1995 ini menawarkan fasilitas lengkap dan komplit dimana beasiswa juga meliputi untuk pendidikan formal Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah.

5. Pondok Pesantren Sulaimaniyah

Pondok Pesantren Sulaimaniyah merupakan salah satu pondok pesantren yang bekerjasama dengan Turki khususnya untuk para santri yang tahfidz Alquran. Setiap tahunnya ada seleksi beasiswa yang ditawarkan oleh hasil kerjasama antara Kementerian Agama dengan Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia (United Islamic Cultural Centre of Indonesia-Turkey/ UICCI). Selain gratis biaya pendidikan di pondok pesantren ini, juga ada kesempatan untuk pergi ke Turki.

6. Pondok Pesantren Darul Hamid

Pondok Pesantren Darul Hamid merupakan salah satu pondok pesantren yang terbilang baru karena didirikan sejak tahun 2019. Pondok pesantren satu ini berada di bawah naungan KH. Fahmi Fauzi. Pembelajaran di pondok pesantren ini menggunakan kurikulum terpadu dan juga menggunakan sistem boarding atau asrama bagi para santri yang belajar di sana.

7. Pondok Pesantren Darul Musafir

Pondok Pesantren Darul Musafir merupakan salah satu Ponpes yang ada di sekitaran Cileunyi Bandung Jawa Barat. Pondok pesantren ini memang menawarkan program gratis untuk para santri khususnya untuk Tahfidz Alquran tanpa dipungut biaya.

8. Pondok Pesantren Al Hilal

Pondok Pesantren Al Hilal merupakan salah satu Ponpes yang ada di Bandung juga. Pesantren yang satu ini menerima santri khususnya anak yatim dan penghafal Alquran dengan tanpa biaya sama sekali. Lokasi dari pesantren ini ada di di rancapanggung cibiru dan juga Gegerkalong.

9. Pondok Pesantren Nurul Huda

Selanjutnya juga untuk warga Bandung masih ada Pesantren gratis juga ini yakni bernama Pondok Pesantren Nurul Huda. Pondok pesantren tersebut menerima Santri dengan gratis dari kalangan umum dan juga yatim piatu hingga orang tua yang tidak mampu. Ponpes ini terletak di wilayah Cidadap.

10. Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman

Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman merupakan salah satu pondok pesantren di wilayah Bogor yang menerima santri gratis. Pondok pesantren ini ini memiliki banyak pilihan jenjang mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA.

Demikian beberapa pilihan rekomendasi pondok pesantren gratis terbaik di Indonesia. Selain beberapa pilihan diatas, masih banyak tentunya pilihan pondok pesantren lain yang yang menawarkan kemudahan bagi para orang tua. Tapi meski demikian, para orang tua harus bisa selektif dan jangan asal menitipkan anaknya karena gratis, tapi juga pasti kan kurikulum pendidikan dan juga keamanan para pengurusnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Malu Mencantumkan Sumber Bacaan

Image

Terus Berbenah, Rutan Rembang Lakukan Perawatan Bangunan

Image

Apel Pagi dan Pemberian Reward Bagi Pegawai di Lapas Kelas IIA Ambarawa

Image

Download Versi Baru GB WhatsApp Yang Aman dan Legal Official Apk 2022

Image

Karutan Prabumulih Kemenkumham Sumsel Ikuti Webinar Prison Overcrowding

Image

Lapas Kayuagung Kemenkumham Sumsel mengikuti Webinar Prison Overcrowding

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image