Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Salah Satu Cara Menjaga Kesehatan Ala Islam

Gaya Hidup | Monday, 23 Oct 2023, 16:31 WIB
Ilustrasi hidup sehat. (Istockphoto/kieferpix)

Satria Akbar Putra Asmara, mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Islam Indonesia

Kesehatan merupakan suatu kondisi fisik, mental, dan sosial yang sejahtera secara utuh dimana tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan maupun disabilitas. Kondisi kesehatan sangat penting bagi seseorang sebagai modal utama untuk melakukan berbagai aktivitas dalam menjalani kehidupan di dunia. Namun, banyak manusia tidak memperhatikan kondisi kesehatannya padahal kesehatan adalah kenikmatan yang tidak dapat diganti dengan uang. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad yaitu :

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhuma, dia berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”.[HR Bukhari, no. 5933].

Al Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata: “Kenikmatan adalah keadaan yang baik. Ada yang mengatakan, kenikmatan adalah manfaat yang dilakukan dengan bentuk melakukan kebaikan untuk orang lain”

Dapat dikatakan bahwa kesehatan itu merupakan kenikmatan yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada manusia sehingga dalam mensyukuri kenikmatan itu, sebagai manusia harus dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kesehatannya. Upaya dalam menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan mengetahui apa yang dikonsumsi, menjaga pola makan, memperhatikan gaya hidup, menjaga kebersihan diri, serta lingkungan. Salah satu upaya menjaga kesehatan yang diajarkan dalam Islam adalah mengonsumsi madu. Dijelaskan dalam Quran surat An-Nahl ayat 68-69 mengenai kebesaran Allah melalui khasiat yang terkandung dalam madu.

نِمَواًتوُيُبِلاَبِجْلاَنِميِذِخَّتاِنَأِلْحَّنلاىَلِإَكُّبَرىَحْوَأَوَّمِمَوِرَجَّشلاَنوُشِرْعَيا

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).”

Sedangkan pada ayat selanjutnya QS. An-Nahl: 69 dijelaskan terkait keistimewaan lebah

ْنِمُجُرْخَيلاُلُذِكِّبَرَلُبُسيِكُلْساَفِتاَرَمَّثلاِّلُكْنِميِلُكَّمُثَكِلَذيِفَّنِإِساَّنلِلٌءاَفِشِهيِفُهُناَوْلَأٌفِلَتْخُمٌباَرَشاَهِنوُطُبَنوُرَّكَفَتَيٍمْوَقِلًةَيلآ

“Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya,di dalamnya terdapat obat yang menyembuh. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”

Kandungan Dalam Madu

Madu sudah dikenal sejak lama dan banyak orang mengetahui khasiatnya. Menurut penelitian madu mengandung beberapa kandungan yang berguna bagi kesehatan, yaitu:

1. Kalori

Kalori dalam madu terdiri atas beberapa senyawa karbohidrat dalam bentuk fruktosa, sukrosa, dan dekstrin karbohidrat yang digunakan sebagai energi tambahan dalam menunjang aktivitas manusia.

2. Vitamin

Madu memiliki beberapa kandungan vitamin, yaitu tujuh vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

a. tujuh vitamin B

berguna untuk menjaga fungsi dan perkembangan sel; membentuk energi; menjaga kesehatan kulit, mata, sistem saraf; berperan dalam metabolisme tubuh; produksi hormon, imunitas; kesehatan tulang dan rambut.

b. Vitamin C

Berguna untuk meningkatkan imunitas; mengatur tekanan darah tinggi.

c. Vitamin E

Berguna untuk metabolisme tubuh; mengatasi berbagai masalah kulit; mencegah penyumbatan pembuluh darah.

d. Vitamin K

Berguna untuk kesehatan tulang dan gigi; mencegah penyakit jantung; proses pembekuan darah terutama pada luka; menurunkan resistensi insulin; meningkatkan respirasi; melawan kondisi autoimun; melawan kanker.

3. Mineral

Mineral adalah unsur kimia yang dibutuhkan sebagai nutrisi esensial oleh mikroorganisme untuk melakukan fungsi yang diperlukan untuk hidup. Mineral yang terdapat pada madu diantaranya adalah:

a. Fosfor

Menjaga kesehatan tulang dan gigi; menyaring racun di ginjal; mempelihara dan memperbaiki jaringan serta sel yang rusak; mengatur penggunaan dan penyimpanan energi.

b. Zat besi

Berfungsi dalam pembentukan hemoglobin darah.

c. Magnesium

Berfungsi dalam mengatur fungsi saraf dan otot dalam kerja jantung; pembentukan dan pemeliharaan struktur tulang.

4. Asam organik

Asam organic adalah senyawa organic yang memiliki derajat keasaman. Dalam madu, terkandung banyak asam organic diantaranya:

a. Asam amino

Berfungsi dalam menjaga kesehatan kulit, sistem pencernaan, kadar gula darah, jantung; meningkatkan imunitas; meningkatkan massa otot

Agama Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menjaga kesehatan karena dalam sebuah hadits, Rasulullah menyebutkan bahwa kesehatan merupakan kenikmatan. Salah satu upaya dalam menjaga kesehatan, yaitu dengan mengonsumsi madu yang memiliki kandungan kalori, vitamin, mineral, dan asam organic di dalamnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image