Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image rofah saputri

Kedaulatan Rakyat: Pilar Demokrasi yang Penting

Edukasi | Sunday, 22 Oct 2023, 16:59 WIB
ilustrasi pilar demokrasi indonesia (shuttersstock)

Suara.com - Tahukah kalian apa saja pilar demokrasi Indonesia? Jangan sampai keliru, simak penjelasannya berikut ini.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi terbanyak di dunia dengan kekuasaan yang dipilih oleh rakyat, dari rakyat dan untuk rakyat, sistem tersebut biasa kita kenal dengan sistem demokrasi. Hal itu jelas tertuang dalam Pasal 1 ayat (2) UUD NRI 1945 yang berbunyi bahwa "Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar." Artinya Hakikat demokrasi itu sendiri adalah seluruh kekuasaan dalam negara berada di tangan rakyat dan Dalam sistem demokrasi, posisi rakyat sama tingginya di hadapan hukum dan pemerintahan.

Konsep kedaulatan rakyat pada sistem politik demokrasi indonesia sangatlah penting, hal ini mencerminkan dasar dari pemerintahan negara indonesia yang berdasarkan kekuasaan dan kepentingan rakyat.

Secara historis konsep kedaulatan rakyat merupakan konsep yang penuh akan perjuangan bangsa Indonesa yang dimulai dengan perjuangan penuh untuk menuju kemerdekaan bangsa Indonesia hingga saat ini konsep kedaulatan rakyat masih menjadi pijakan bagi perkembangan demokrasi dan prinsip-prinsip hukum yang ada di indonesia.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945 merupakan titik dan langkah awal dalam mengukuhkan kedaulatan rakyat sebagai prinsip dasar negara, dalam proklamasi kemerdekaan itu juga menyatakan bahwa kemerdekaan indonesia adalah hasil dari perjuangan rakyat indonesia itu sendiri.

Selama masa awal kemerdekaan terjadi berbagai gejolak di negeri ini dan perjuangan rakyat dalam mempertahankan kedaulatan rakyat itu sendiri. Dalam gejolaknya perang kemerdekaan melawan belanda konsep kedaulatan rakyat menjadi semakin kuat dan seluruh pemimpin-pemimpin perjuangan rakyat seakan menegaskan bahwa itu semua adalah hak rakyat untuk menentukan diri mereka sendiri.

Prinsip kedaulatan rakyat itu sendiri masih dipegang teguh sampai sekarang, seperti halnya dalam pebentukan konstiitusi. Proses pembentukan konstitusi yang ada di Indonesia itu melibatkan perwakilan dari berbagai kelompok etnis dan sosial yang menegaskan prinsip kedaulatan rakyat dalam kerangka hukm negara hingga saat ini.

Kedaulatan rakyat memainkan peran sentral dalam sistem demokrasi dengan menjadi pilar utama yang mengatur bagaimana kekuasaan politik diatur dan digunakan dalam sebuah negara, dengan adanya sistem ini rakyat dapat berparisipasi dalam pemilihan dan keputusan politik di Indonesia.

Dengan adanya kedaulatan rakyat menjadikan rakyat sebagai sumber kekuasaan teringgi politik di negeri ini yang artinya rakyat memiliki kekuasaan untuk membuat berbagai keputusan politik dan mengatur yang berasalah dari keputusan rakyat itu sendiri dan rakyat memiliki hak dan wewenang untuk memengaruhi seluruh keputusan dan kebijakan politik yang ada.

Selain itu kedaulatan rakyat dalam sistem demokrasi memegang pemerintahan yang sah secara hukum dan secara demokratis untuk menjadi wakil rakyat dalam mewujudkan seluruh keinginan rakyat, sehingga kedaulatan rakyat memberikan legitmasi kepada pemerintah untuk menjadi lebih kuat dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan oleh rakyat. Dengan adanya kedaulatan rakyat juga mendorong pemerintah untuk dapat bertindak secara transparan serta mempertanggung jawabkan seluruh tindakannya kepada rakyat.

Sehingga kedaulatan rakyat ini jugalah memberikan rakyat untuk memiliki hak-hak untuk dihormati dan dilindungi oleh hukum.

Rakyat dapat berpartisipasi dalam sistem politik di Indonesia dalam pengambilan keputusan dengan melalui berbagai cara. Salah satu cara utama nya adalah melalui pemilihan umum. Dalam pemilihan umum rakyat memiliki hak untuk memilih perwakilan rakyat sendiri untuk dapat duduk di parlemen dan kursi pemerintahan lainnya. Selain itu rakyat juga memiliki hak dalam menyampaikan pendapat seperti melalui demonstrasi ataupun dialog publik untuk memberikan pendapat dalam mengambil kebijakan.

Melindungi, memelihara, dan mempromosikan prinsip kedaulatan rakyat adalah esensial untuk memastikan bahwa sistem politik memenuhi tuntutan masyarakat, menghormati hak asasi manusia, dan berfungsi sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi. Hal ini mendukung perkembangan masyarakat yang inklusif dan adil, serta memastikan bahwa pemerintah bertindak atas dasar kepentingan rakyat.

Oleh karena itu kedaulatan rakyat merupakan suatu pilar demokrasi yang sangatlah penting bagi negara Indonesia dan merupakan prinsip sistem demokratis yang menempatkan rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Dengan adanya kedaulatan rakyat menjadikan seluruh keputusan dan kebijakan pemerintah di negeri ini menjadi sesuai dengan apa yang terjadi dan apa yang diinginkan oleh masyarakat itu sendiri serta sesuai dengan kepentingan rakyat. Sehingga kedaualatan rakyat menjadi kunci utama dalam menjalankan roda pemerintahan yang ada.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image