Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hadi Rayhan Hanifah Pawitan

Bermigrasi Mengarungi Langit Indonesia

Eduaksi | Friday, 20 Oct 2023, 13:53 WIB
Foto Pribadi, (2023)

Setiap tahunnya, musim dingin di Jepang dan Cina menyebabkan elang-alap yang tinggal di daerah tersebut untuk bermigrasi. Pada penelitian Pierce et al. (2019), dalam perjalanan mereka, Elang-alap tersebut akan melewati Asia-Tenggara, salah satunya Indonesia. Jalur yang mereka pilih tidaklah tanpa alasan. Elang-alap ini melewati Asia-Tenggara untuk memastikan adanya makanan dan tempat beristirahat yang cukup dibandingkan dengan langsung ke selatan melewati laut terbuka.

Proses migrasi elang-alap Jepang dan Cina ini menjadi perhatian banyak pengamat burung di Indonesia. Awal terlihatnya elang-alap ini di Pulau Sumatra menandakan dimulainya musim pengamatan elang-alap migran di langit Indonesia. Di Pulau Jawa sendiri, pengamatan telah dilakukan di banyak tempat oleh pengamat burung, di antaranya dari Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Gajah Mada.

Pada Oktober 2023 sendiri sudah mulai teramati elang-alap migran jauh di atas awan. Pengamatan ini dilakukan oleh sekelompok mahasiswa ITB di spot sesar lembang daerah Maribaya. Kehadiran dan jumlah dari burung migran tersebut dapat menjadi indikator iklim dan keadaan lingkungan saat ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image