Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Pentingnya Edukasi Anti Kejahatan Seksual untuk Siswa

Edukasi | Thursday, 19 Oct 2023, 08:42 WIB
PPK Ormawa IMM BPP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Gelar Edukasi Anti Kejahatan Seksual (Dok. Istimewa)

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPKO) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bimbingan dan Konseling (BK), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) atau biasa disingkat dengan sebutan BPP Universitas Ahmad Dahlan (UAD), secara konsisten mengadakan acara edukasi anti kejahatan seksual. Kali ini mengangkat tema “Sentuhan Baik dan Buruk Serta Kenali Bentuk Pelecehan Seksual dan Hak Kita” di SD Negeri Mejing 1, Sleman, pada Jumat, 22 September 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas I hingga VI dengan total partisipan sebanyak 160 siswa. Rashika, salah satu tim PPKO IMM BPP UAD menyampaikan, “Acara ini dilakukan sebagai bentuk kesadaran dalam persoalan penanganan kejahatan seksual yang berhubungan dengan anak di sekolah dasar terutama terkait dengan bagian tubuh yang boleh disentuh dan mana yang tidak boleh disentuh. Harapan dengan kegiatan juga mampu menyadarkan betapa pentingnya edukasi antikejahatan seksual di lingkungan sekolah dasar.”

Pelaksanaan kegiatan tersebut menyasar pada satuan pendidikan sekolah dasar yang merupakan bagian dari indikator keberhasilan mengenai edukasi tripusat pendidikan yang berhubungan dengan antikejahatan seksual. Kesempatan ini dilakukan dengan mengajak anak untuk mencermati dan menganalisis apa saja yang berhak dilakukan dan tidak boleh dilakukan berhubungan dengan seksual anak.

Selama acara berlangsung, siswa diberikan soal evaluasi untuk mengukur keberhasilan program dari kelas atas dan bawah. Soal kelas atas dibedakan dengan melihat kondisi pencapaian kondisi peserta didik.

Dosen PGPAUD UAD Avanti Vera Risti, M.Pd., turut hadir sebagai narasumber. Vera merupakan edukator sekaligus akademisi yang berfokus pada edukasi seksual pada anak yang dibuktikan dari beberapa penelitian dan karyanya mengenai hal tersebut. Di akhir acara, Vera mengajak seluruh partisipan untuk bernyanyi bersama.

Acara berlangsung meriah. Selama ini UAD memang mendukung penuh kegiatan tersebut melalui fasilitas dan pendampingan secara intensif sebagai bentuk implementasi ekosistem pemberdayaan masyarakat sesuai dengan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. (roy)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image