Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Naufal Mahendra putra

Pemahaman Akutansi pada Mahasiswa di Indonesia

Eduaksi | Wednesday, 18 Oct 2023, 23:43 WIB
By Muhamad Naufal

PENINGKATAN PEMAHAMAN DASAR AKUNTANSI MAHASISWA TERHADAP KONSEP DASAR AKUNTANSI DI INDONESIA DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI DIGITAL

Perkembangan terkini pada sektor perekonomian di Indonesia telah menyebabkan peningkatan peran akrual. Perkembangandi bidang perekonomian yang banyak menuntut adanyaakuntansi akrual yang dapat menyediakan informasi keuanganyang dibutuhkan masyarakat dalam mengambil keputusanekonomi. Untuk dapat melakukan kegiatan akuntansi tersebutharus terlebih dahulu mengikuti Program Studi SI Akuntansi dan Program Studi D3 Akuntansi.

Pendidikan akuntansi di Indonesia merupakan suatu sistemdan konsep dasar pendidikan akuntansi, hendaknya dapatmenjadi gambaran realitas ekonomi, sosial dan budayamasyarakat Indonesia itu sendiri. Pendidikan akuntansi di Indonesia bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang beretikadan berakhlak mulia. Banyak upaya telah dilakukan untukmengenalkan nilai-nilai profesional akuntan profesionalkepada mahasiswa. Untuk memperoleh pengetahuan teoriakuntansi yang mendalam, penguasaan dasar-dasar akuntansimerupakan salah satu kunci utama yang memandu setiappenerapan teori dan praktik akuntansi. Namun pada kenyataannya pelatihan akuntansi di perguruan tinggi terkesanhanya bersifat pengetahuan umum saja atau hanya terfokuspada teori saja, jauh berbeda dengan praktik yang ditemui di lapangan. Permasalahan ini tentu saja akan menyulitkan, bahkan membingungkan, bagi mahasiswa untuk lebihmemahami dasar-dasar akuntansi.

Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI), akuntansi adalahsuatu cabang pencatatan – pencatatan, analisa dan pelaporantransaksi-transaksi tertentu pada saat terjadinya peristiwaekonomi pada suatu perusahaan, dengan tujuan untuk menghasilkan informasi keuangan yang melibatkan berbagaipihak dalam rangka pencapaiannya. keputusan. Pendapat lain juga menyebutkan bahwa akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mencatat dan mengkomunikasikaninformasi keuangan untuk menyusun laporan keuangan bagientitas ekonomi. Dasar-dasar akuntansi dapat dijelaskansebagai suatu gagasan atau teori dalam suatu kegiatanpembelajaran yang berkaitan dengan proses pencatatan, identifikasi dan pelaporan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam suatu organisasi. Seseorangyang memahami konsep dasar akuntansi adalah seseorangyang dapat dan memahami dengan jelas bagian-bagianakuntansi setelah melalui proses pembelajaran.

Siklus akuntansi merupakan suatu proses kegiatan yang terjadi secara berulang-ulang dalam menentukan, menganalisis, dan mencatat kegiatan akuntansi untuk setiaptransaksi dalam suatu perusahaan dalam suatu periode. Memahami siklus akuntansi memainkan peran penting dalampelaporan keuangan. . Pengolahan data dalam proses akuntansi terjadi ketika transaksi dilakukan dalam suatuperiode, dari transaksi tersebut terdapat bukti transaksitersebut, kemudian dari bukti transaksi tersebut dimasukkandalam proses pengolahan sehingga menghasilkan hasil berupainformasi keuangan. . Indikator pemahaman konsep dasarakuntansi.

Perkembangan ilmu akuntansi saat ini semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, mahasiswa yang mengambil jurusanakuntansi perlu memiliki pemahaman yang kuat tentangregulasi dan standar akuntansi yang relevan. PSAK menjadipanduan penting dalam pengakuan, pengukuran, dan penyajian akuntansi. Mahasiswa akan menjadi peran akuntanyang dapat andil dalam penyusunan strategic response. Akuntan yang memahami perkembangan teknologi akan tahuperkembangan teknologi terkini dan akan membantuperusahaan membangun strategic response. Di bidangpenciptaan nilai, akuntan dapat menggunakan Big Data dan Data Analytics untuk membangun organisasi yang lebihtangkas. Selain itu, akuntan juga dapat berperan dalamperubahan struktural, membantu organisasi memanfaatkanteknologi terkini. Contoh transformasi digital dalam akuntansiadalah pemrosesan hutang dan piutang, digitalisasi proses pengadaan, digitalisasi proses audit, dll. Seorang akuntandapat berpartisipasi secara digital dalam proses pengelolaankeuangan dan audit. Oleh karena itu, kemampuan akuntan di sisi digital diharapkan terus berkembang seiring berjalannyawaktu. Sebagai akuntan domain, harus benar-benarmemahami pengetahuan akuntansi dan menambahkanpengetahuan digital yang solid akan sangat bagus.combination, akuntan akan terus berperan di era transformasidigital. Semakin baik pemahaman akuntansi seorang akuntanmaka semakin baik pula kesiapan akuntan dalam menghadapiera revolusi industry 5.0 lowongan membutuhkan prospektifkaryawan yang memiliki pemahaman dalam akuntansi dasar, akuntansi biaya, akuntansi jasa.

Muhamad Naufal Mahendra Putra Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image