Mahasiswa UGM Ciptakan e-Book Mengenal Alat Laboratorium bagi Siswa

Teknologi  
Tampilan e-Book Tour de Lab di smartphone. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Lima mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil menciptakan e-Book Mengenal Alat Laboratorium bagi siswa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K). e-Book yang diberi nama Tour de Lab ini memiliki beberapa keunggulan salah satunya, siswa dapat belajar mengenal alat laboratorium secara visual dan auditori.

Kelima mahasiswa Fakultas Teknik UGM adalah Raynaldi Farhan Ghiffary, Dewi Ratna Sari, Nisrina Ahnafa Qatrunnada, Isaac Varado, dan I Putu Buddhi Gunawan. Pembuatan buku ini diilhami dengan minimnya pengenalan alat laboratorium yang disebabkan terbatasnya waktu dan jumlah tenaga pengajar.

BACA JUGA : Mahasiswa Farmasi UMP Olah Daun Sembung Jadi Obat Infeksi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Ketua Tim Mahasiswa, Raynaldi Farhan Ghiffary, pengenalan alat laboratorium secara mendetail merupakan hal yang sangat krusial bagi siswa. Sebab, masing-masing alat percobaan tersebut memiliki penanganan khusus. Apabila siswa melakukan kesalahan dalam penggunaan alat praktikum maka dapat menyebabkan bahaya dan berakibat fatal.

e-Book Tour de Lab, kata Raynaldi, sebagai sarana mengenalkan alat laboratorium dalam bentuk buku atraktif berbasis teknologi augmented reality (AR) dan voice over. “Buku dibuat dengan tampilan menarik sehingga diharapkan siswa dapat lebih bersemangat untuk mengenal alat laboratorium. Buku ini berbasis teknologi augmented reality (AR) yang mampu menampilkan visual 3D object secara real time,” jelas Raynaldi.

Selain itu, tambah Raynaldi, buku ini juga dilengkapi voice over sehingga dapat memfasilitasi gaya belajar auditori siswa. Materi yang terdapat pada buku juga disesuaikan dengan kurikulum sehingga turut berperan sebagai buku pendamping kegiatan pembelajaran di sekolah.

“Harapannya Buku Tour de Lab dapat diminati siswa usia sekolah sehingga buku ini turut berkontribusi dalam upaya pencegahan kecelakaan kerja yang terjadi di laboratorium,” harapnya. (*)

Tiga anggota tim mahasiswa Fakultas Teknik UGM yang menciptakan Buku Tour de Lab. (foto : istimewa)

BACA JUGA : Mahasiswa UGM Kembangkan Teknologi Filtrasi Kurangi Zat Besi Air Tanah

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image