Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Cushy Edible Bowl

Menjamin Pola Produksi dan Konsumsi yang Berkelanjutan

Bisnis | Monday, 16 Oct 2023, 13:24 WIB
Gambar Cushy Edible Bowl sebagai Kemasan Makanan

Sustainable Development Goals (SDGs) atau disebut dengan pembangunan berkelanjutan merupakan 17 tujuan global dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk perdamaian dan kemakmuran manusia dan planet bumi sekarang dan masa depan. Salah satu tujuan SDGs adalah konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab. Disadari atau tidak seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan masyarakat di setiap lini kehidupan semakin banyak diantaranya kemasan makanan. Pengelolaan efisien dalam penggunaan sumber daya alam milik bersama, dan cara kita membuang sampah beracun dan polutan adalah target penting untuk meraih tujuan ini. Selain itu mendorong industri, bisnis, dan konsumen untuk mendaur ulang dan mengurangi sampah sama pentingnya, seperti halnya juga mendukung negara-negara berkembang untuk bergerak menuju pola konsumsi yang lebih berkelanjutan pada 2030.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan produk kemasan makanan ramah lingkungan salah satunya Cushy Edible Bowl. Produk ini merupakan hasil inovasi tim PKM Kewirausahaan mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang diketuai oleh Tiara Dwi Wulandari dengan anggota Cahyani Putri Kinasih, Nisfil Amelia Ramadhani, dan Gilang Syahbananto. Cushy Edible Bowl merupakan kemasan makanan berbentuk mangkok yang dapat dimakan berbahan dasar kulit pepaya. Produk ini telah dipasarkan dengan harga Rp40.000,-/5 edible bowl.

Jangkauan pemasaran Cushy Edible Bowl yang luas dan penggunaan produk yang semakin meningkat dapat menekan jumlah kemasan makanan berbahan plastik. Dengan demikian, melalui adanya produk Cushy Edible Bowl diharapkan dapat memberi dampak positif terhadap kelestarian lingkungan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image