Rektor UII : Kebudayaan Menyeimbangkan Penggunaan Otak Kiri dan Kanan

Gaya Hidup  
Pementasan gamelan di kampus UII Yogyakarta. (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Islam Indonesia (UII) baru saja menerima hibah seperangkat gamelan dan satu kotak wayang kulit. Hibah tersebut berasal dari keluarga mantan Ketua Perkumpulan Dalang di Kabupaten Sleman, R Mudjoko Rachmat Soerodirjo.

Hibah gamelan dan wayang kulit ini, menurut Rektor UII, Prof Fathul Wahid ST, MSc, PhD, akan semakin mewarnai kebudayaan yang sedang dikembangkan di Kampus UII. Saat ini, menggalakkan kegiatan kebudayaan melalui Lembaga Kebudayaan Embun Kalimasada yang dibentuk Yayasan Badan Wakaf UII.

BACA JUGA : UGM Undang Gus Mus Ikuti Festival Budaya dan Seni Rupa

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kehadiran budaya, kata Fathul Wahid, akan menyeimbangkan penggunaan otak kanan dan kiri. Selama ini civitas akademika selalu menggunakan otak kiri dalam kegiatan kampus. Karena itu, kehadiran gamelan, wayang kulit dan kegiatan kebudayaan lainnya lebih banyak menggunakan otak kanan.

"Saat ini kesehatan mental mahasiswa sudah terganggu, demikian juga para dosen. Kita akan mengadakan workshop mengajar dengan humor. Sehingga kehadiran gamelan ini akan menyehatkan kesehatan mental warga kampus," kata Fathul Wahid saat menerima hibah gamelan dan wayang kulit, Jumat (13/10/2023).

Penyerahan hibah gamelan dan wayang kulit dilaksanakan di Auditorium Lantai 5 Gedung KHA Wahid Hasyim Fakultas Ilmu Agama Islam Kampus Terpadu UII Yogyakarta. Kini UII juga akan membentuk tim pangrawit (penabuh gamelan) agar gamelan bisa bergema di lingkungan kampus.

BACA JUGA : Citayam Fashion Week Budaya Baru Lawan Konsumerisme

Pada serah terima ini, UII menyelenggarakan pementasan gamelan. Ada 11 gending yang ditampilkan pada acara serah terima, satu gending Ladrang Langen Asmoro Laras Pelog Pethet 6 pada pra acara. Gending ini menggambarkan keindahan, kebahagiaan, dan kasih sayang antar insan manusia.

Selanjutnya 10 Gending Slendro dan Pelog yaitu Ladrang, Dongo Pamuja, Nyebut Gusti, Makaryo, Srepeg Rukun Iman, Solawat (Slendro). Geding Pelog, Bhineka Tunggal Ika, Kaji, dan Panuwun. Sedang gending panutup Syahadat.

Sedang Wakil Keluarga, Wahyudi Afrizal SPsi, cucu R Mudjoko Rachmad Soerodirjo mengucapkan terima kasih UII mau menerima hibah gamelan dan wayang kulit. "Beliau (almarhum R Rachmad,red) memiliki keinginan besar suatu saat gamelan dan wayang itu akan dihibahkan pada instansi, khususnya di wilayah Sleman. Secara histori, eyang Rahmad itu merupakan Ketua Perkumpulan Dalang di wilayah Sleman," kata Wahyudi.

BACA JUGA : Sentuhan Arsitektur Hasilkan Hunian Nyaman di Pemukiman Padat

Lebih lanjut Wahyudi mengatakan seperangkat gamelan dan wayang kulit ini sudah lama parkir di rumahnya. Waktu itu keluarga berpandangan, kalau gamelan dan wayang hanya parkir di rumah maka nilai manfaatnya hilang dan tidak bisa dirasakan masyarakat sekitar.

"Harapan kami, gamelan dan wayang ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat kampus dan sekitarnya sehingga memiliki manfaat yang lebih luas. Semoga ini bisa menjadi amal jariah eyang tercinta," kata Wahyudi.

Sementara Dra Purwiati, Kepala Taman Budaya yang mewakili Kepala Dinas Kehudayaan DIY mengharapkan civitas akademika UII yang sudah berlatih gamelan dan wayang kulit dapat mementaskannya. "UII dapat pentas di panggung terpanjang dari Tetek hingga Titik Nol Malioboro," kata Purwiati.

Purwiati mengatakan kehadiran gamelan akan mempererat hubungan sosial, hubungan emosional. Sebab untuk membunyikan gamelan membutuhkan kerjasama banyak orang. "Kerjasama dalam menabuh gamelan akan menimbulkan suara dan dinamika yang sangat indah," katanya. (*)

Rektor UII menerima tokoh wayang sebagai tanda hibah gamelan dan wayang kulit. (foto : heri purwata)

BACA JUGA : Prof Salim Said Hibahkan 10.000 Buku pada Perpustakaan UII, Mengapa?

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image