Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurul Komaria

Peningkatan Minat Baca Siswa SMP Melalui Program Ular Tangga Literasi

Pendidikan dan Literasi | Friday, 13 Oct 2023, 07:23 WIB

SURABAYA - Nurul Komaria, salah satu mahasiswa jurusan Administrasi Negara dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam program Kampus Mengajar Angkatan ke-6 di SMP Negeri 11 Surabaya. Nurul bersama dengan 4 rekan dari Universitas lain yakni Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Mereka adalah Maidah (Pendidikan Matematika – UNESA), Riza Apriliane (Pendidikan Kimia – UNESA), Adilah Ratna Farihah (Pendidikan Fisika – UNESA), Yumaa Kharisma Salsabila (Pendidikan Biologi – UNESA). Dalam pelaksanaannya, program ini diperkuat dengan dukungan dari Dr. Nonik Indrawatiningsih, M.Pd. yang membimbing para mahasiswa dalam menjalankan tugasnya di lapangan. Selain itu, penulisan mengenai artikel ini juga didampingi oleh dosen pembimbing, Yusuf Hariyoko, S.AP.,M.AP.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Salah satu program kerja dari kelompok kami adalah “Ular Tangga Literasi”. Program ini kami susun dalam rangka peningkatan kemampuan membaca siswa SMP. Sebelum melaksanakan permainan ini, kami berkoordinasi dengan guru mata pelajaran kelas 8 terkait materi yang akan diajarkan sehingga sehari sebelumnya siswa diwajibkan untuk membaca materi yang telah ditentukan oleh guru mata pelajarannya.

Program ini mengintegrasikan materi pelajaran ke dalam papan permainan "Ular Tangga". Media program Ular Tangga Literasi ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu kertas petak permainan, kartu pertanyaan, dadu, dan bidak. Sebagai contoh, saat siswa berhasil naik tangga, mereka akan menjawab pertanyaan yang telah disiapkan sesuai dengan materi pembelajaran yang sudah dibaca sebelumnya. Jika jawaban mereka benar, mereka bisa melanjutkan permainan dan mendapatkan nilai tambahan, namun jika salah, mereka akan mendapatkan tantangan.

Siswa tampak antusias dan bersemangat dalam mengikuti permainan ini. Sambil bermain, mereka seringkali berhenti untuk berdiskusi, menjawab pertanyaan dari kartu-kartu yang diambil. Sebagian besar siswa dapat menjawab pertanyaan dengan baik dan benar sehingga mendapatkan nilai tambahan untuk ulangan mereka. Sedangkan siswa yang belum dapat menjawab pertanyaan terus berusaha mengingat materi yang sudah dibaca sebelumnya agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada.

Permainan ular tangga dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh guru dalam upaya meningkatkan minat baca siswa dan kualitas pembelajaran. Media permainan ular tangga juga dapat menjadi sarana pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan motivasi, pengetahuan, dan keterampilan siswa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image