Intelijen Zionis di Palestina: Jadi Ustadz Palsu, Hafal Alquran, Pimpin Sholat di Masjid Al Aqsa

Khazanah  
Imigran Yahudi Yaman pada tahun 1949. (sumber foto: arabicpost)

GENPOP -- Israel pernah mengirim intelijen dari bangsa Arab sebelum melakukan pendudukan di tanah Palestina. Intelijen ini menyamar sebagai seorang pendakwah atau dai atau ustadz menurut kita orang Indonesia.

Mata-mata tersebut bernama Syekh Fadel Abdullah. Orang-orang di Yerusalem kala itu biasa memanggilnya demikian. Penulis Mesir Ibrahim Al Arabi, dalam bukunya 'Jawaasiis wa Khowanah' menyebutnya Syekh Fadel Abdullah Judah. Ustadz palsu ini janggutnya panjang dan penampilannya shaleh.

Awal Mula

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di pertengahan Abad 19, organisasi zionis Israel mencari imigran Yahudi yang bisa bahasa Arab untuk memata-matai sekaligus berbaur dengan masyarakat Palestina dan Arab.

Seleksi mata-mata Yahudi ini dipilih dengan sangat hati-hati dan ketat. Ada beberapa variabel yang digunakan. Antara lain berasal dari Arab, pernah menghabiskan waktu panjang di negara-negara Arab, menguasai bahasa Arab, dan berbicara dengan dialek daerah tempat mereka dilahirkan.

Mata-mata ini adalah bagian dari "Unit Arab" Angkatan Bersenjata Palmach. Ini adalah kekuatan militer yang berafiliasi dengan organisasi Zionis Haganah, yang nantinya akan menjadi inti tentara Israel.

Perekrutan dan pelatihan mata-mata ini dimulai bertahun-tahun sebelum tahun Nakba. Mereka dilatih pada di saat situasi masih tenang sebelum terjadi perang. Selama itulah mereka keluar masuk kota-kota Arab di sekitar Palestina dan mempelajari dialeknya.

Mereka juga mempelajari apa yang bisa dilakukan untuk menipu orang-orang, dan apa yang tidak. Mereka mengumpulkan informasi untuk badan intelijen Yahudi sebagai persiapan bertempur pada tahun 1948.

Buku 'Spies Without a Country: A Secret Life at The Birth of Israel', karya jurnalis Matty Friedman yang lahir di Toronto Kanada, mengungkap, mata-mata Yahudi Arab sebelum dikirim ke Palestina dilatih menghafal ayat-ayat Alquran.

Mereka belajar baca Alquran dari radio. Mereka juga belajar tata cara wudhu dan shalat. Disebutkan pula, bahwa "Syekh" Fadel Abdullah hafal Alquran beserta tafsir dan ilmunya.

Zionis melatih imigran Yahudi dari Arab supaya bisa menghafal Alquran, ajaran dan syariat Islam. "Syekh" Fadel Abdullah, adalah salah satu mata-mata yang dilatih menghafal Alquran, ajaran dan hukum agama Islam.

Setelah itu, barulah dia dikirim ke Yerusalem, Palestina, pada tahun 1946. Selama di Palestina, syekh palsu ini menjalani aktivitas memimpin sholat di Masjid Al Aqsa.

Kala itu orang-orang Muslim Yerusalem berkumpul di sekelilingnya, dan menyampaikan pertanyaan seputar agama Islam. Fadel kemudian akan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dan memberikan nasihatnya tentang urusan hidup mereka sesuai dengan ajaran Islam.

Bahkan setiap habis sholat, syekh palsu tersebut mendoakan para mujahidin di Palestina, memotivasi mereka untuk berperang dan berjihad, serta mendoakan kemenangan mereka atas musuh-musuh mereka, Yahudi dan Inggris.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Boyong Masa Depan Sekarang Juga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image