Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Mengedukasi Anak-anak Migran di Malaysia Tentang Kesehatan Mental dan Lingkungan

Edukasi | Wednesday, 11 Oct 2023, 09:26 WIB
Edukasi kesehatan lingkungan dan mental pada anak-anak migran di Malaysia oleh tim pengabdian Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Dok. Istimewa)

Saat ini kondisi mitra Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di Malaysia tengah dihadapi masalah ekonomi dan sosial yang berdampak besar terhadap kesehatan lingkungan, fisik, dan mental anak-anak. Dalam rangka mengatasi masalah ini, UAD lewat Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internasional melaksanakan program pendampingan kesehatan lingkungan dan psikologis pada anak-anak di Sanggar Belajar Gombak Utara, Malaysia. Kegiatan pendampingan berlangsung pada Selasa-Jumat, 26-29 Juli 2023 dan masih berlanjut hingga sekarang baik secara luring maupun daring.

Program yang mendapat pendanaan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UAD tahun 2023 ini diimplementasikan oleh tim pelaksana yang terdiri dari Dr. Tri Wahyuni Sukesi sebagai Ketua tim, bersama dengan anggota timnya, yaitu Dr. Fatwa Tentama, Dr. Surahma Asti Mulasari, Sulistyawati, Ph.D., Dr. Bambang Sudarsono, Lulu Nafiati, M.Sc., Fanani Arief Ghozali, M.Pd., dan Herman Yuliansyah, Ph.D. Selain itu, program ini juga melibatkan mahasiswa dari Program Studi Psikologi dan Ilmu Kesehatan Masyarakat UAD.

Dr. Tri Wahyuni menjelaskan tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anak-anak dalam menjaga kesehatan lingkungan dan kesehatan mental (psikologis) mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara Dr. Fatwa Tentama menambahkan bahwa saat ini pengelolaan kesehatan mental pada anak-anak sangat penting. Menurutnya, jika anak-anak mengalami gangguan mental maka akan berdampak pada banyak hal termasuk kondisi kesehatan fisiknya.

Melalui kegiatan ini Fatwa berharap, “Semoga mitra kami di Sanggar Belajar Gombak Utara Malaysia akan lebih memperhatikan kesehatan lingkungan dan kesehatan mental anak-anak didiknya.”.

Kegiatan PkM Internasional ini mencakup serangkaian pelatihan dan praktik berupa pengelolaan hygiene sanitasi personal, kesehatan lingkungan, pengelolaan sampah organik dan anorganik, kebersihan, pembuatan poster-poster terkait kesehatan lingkungan, pelatihan trauma healing melalui permainan cerita anak, penanganan stres pada anak. Selain itu, tim PkM memberikan alat-alat pembelajaran, termasuk media pembelajaran seperti LCD proyektor, dan lain-lain untuk mendukung pembelajaran yang lebih optimal. (Doc)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image