Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Begini Cara Gunakan Google Chatbot Bard AI untuk Menemukan File di Gmail

Teknologi | Sunday, 08 Oct 2023, 11:17 WIB
Ilustrasi Google Bard AI (Ismagilov/Getty Images/SSDarindo)

Ekstensi baru yang dirilis untuk chatbot Google memang kikuk, tetapi ekstensi ini bisa sangat membantu jika Anda memiliki kesabaran.

Google belum lama ini meluncurkan beberapa pembaruan untuk Bard, chatbot AI-nya. Fitur-fitur baru ini mencakup ekstensi yang menghubungkan Bard ke lebih banyak aspek portofolio Google, seperti Gmail, Documents, dan YouTube. Perusahaan ini terus bereksperimen dengan kecerdasan buatan sebagai bagian dari gelombang pencarian informasi berikutnya.

Meskipun kesan awal terhadap ekstensi Bard kurang memuaskan, siapa pun yang memiliki banyak pesan Gmail yang belum dibaca atau koleksi Google Docs lama yang harus dipilah-pilah mungkin menganggap pembaruan ini cukup menarik.

Ada baiknya Anda mempertimbangkan implikasi privasi sebelum berinteraksi dengan chatbot apa pun.

"Jika Anda memilih untuk menggunakan ekstensi Workspace, konten Anda dari Gmail, Docs, dan Drive tidak akan dilihat oleh peninjau manusia, digunakan oleh Bard untuk menampilkan iklan, atau digunakan untuk melatih model Bard," demikian bunyi pengumuman Google.

Apakah itu cukup meyakinkan Anda? Dilansir dari laman wired.com, berikut ini cara mengaktifkan pembaruan Bard.

a. Cara Menggunakan Ekstensi untuk Google Bard

Anda perlu membuat akun Google untuk berinteraksi dengan Bard, jika Anda belum memilikinya. Setelah Anda masuk, mengakses Bard semudah mengunjungi situs web di peramban Anda.

Pada halaman utama Bard, Anda dapat mengaktifkan koneksi ke Google Flights, Google Hotels, Google Maps, YouTube, dan Google Workspace, yang mencakup Gmail, Google Docs, dan Google Drive. Masing-masing ekstensi ini dapat diaktifkan dan dinonaktifkan satu per satu.

Jika Anda memutuskan untuk mengaktifkan ekstensi Workspace, pastikan untuk menandai apa pun yang Anda ingin chatbot fokuskan, seperti @docs, @drive, atau @gmail.

Contoh perintahnya: "Tolong periksa @gmail saya dan rangkum email yang belum dibaca dari hari ini."

b. Saran untuk Menemukan Pesan Gmail dan Google Dokumen

Menjaga ekspektasi tetap rendah sangat penting saat berinteraksi dengan ekstensi Bard yang baru. Banyak fitur AI yang dirilis pada tahun 2023 telah dicap sebagai eksperimen, tidak terkecuali pembaruan Bard.

Fitur ini bertujuan untuk memprioritaskan email terbaru di Gmail Anda. Saat menjawab pertanyaan untuk saya, Bard sering merujuk ke lima pesan terkait.

Meskipun Anda harus selalu memeriksa ulang informasi yang Anda dapatkan dari chatbot, Bard dengan ekstensi tampaknya sering berhalusinasi dan salah memahami konteks informasi yang diambilnya dari email dan dokumen lain.

Misalnya, ketika ditanya apakah ada pesan dari ayah saya? Bard menarik promosi Hari Ayah secara acak yang telah ada di kotak masuk saya sejak tahun 2017 dan melabelinya sebagai satu-satunya pesan darinya.

Jadi, bagaimana ekstensi Bard bisa berguna dalam kondisinya yang berantakan seperti sekarang ini? Apakah Anda memiliki email atau dokumen yang ingin Anda cari, tetapi Anda tidak terlalu ingat secara spesifik, selain topik yang dibahas?

Ini sepertinya merupakan penggunaan yang sempurna untuk Bard yang baru. Dari video game hingga kolam renang, chatbot ini mampu menemukan informasi yang terkait dengan beberapa topik yang saya minta.

Penggunaan lain yang menarik dari ekstensi baru ini adalah kemampuannya untuk memberikan umpan balik pada tulisan Anda. Ketika diminta untuk mengidentifikasi email yang seharusnya ditulis lebih baik, Bard mengambil tiga pesan dari Gmail saya dan memberikan saran yang solid untuk menyesuaikan nada dan membuatnya lebih ringkas.

Namun, chatbot ini tidak terlalu membantu dalam hal nuansa. Ketika ditanya apakah ada "serangan mikro" di kotak masuk saya, tanggapan Bard hampir lucu.

Ia memilih buletin Substack dari Brandon Taylor yang menggunakan frasa "drama periode sentimental" untuk menggambarkan serial televisi The Gilded Age.

"Ini bisa dilihat sebagai serangan mikro terhadap orang-orang yang menikmati drama masa lalu, karena ini menunjukkan bahwa acara ini tidak serius atau tidak berharga." Tentu saja, Bard. Meskipun secara teknis benar, hal ini tidak benar-benar dianggap sebagai serangan mikro oleh kebanyakan orang.

Meskipun Silicon Valley memposisikan asisten AI sebagai pendorong produktivitas, pembaruan Bard masih jauh dari menyerupai AI antropomorfik di Her. Terlepas dari ekspektasi yang terlalu tinggi, Bard memiliki banyak hal yang harus diperbaiki sebelum menjadi asisten yang dapat dipercaya.

Untuk saat ini, bilah pencarian klasik berbentuk persegi panjang di bagian atas kotak masuk tetap menjadi cara termudah untuk menemukan apa pun yang ingin ditemukan. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image