Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Shofi Safinatul Jiyad

Kombinasi Layar OLED dan Prosesor Intel Terbaru Hasilkan "Bukan Laptop Biasa"

Teknologi | Friday, 31 Dec 2021, 23:30 WIB

Pada masa pandemi yang mengharuskan sebagian pekerjaan dan kegiatan dilakukan secara daring, tentu menimbulkan lama waktu menatap layar (screen time) menjadi meningkat. Dalam hal ini, ukuran dan kualitas layar menjadi sangat penting. Layar dengan kualitas yang baik dan adanya fitur perlindungan mata tentu bisa menjadi pertimbangan bagi calon konsumen dalam memilih laptop impiannya.

Asus, sebagai brand yang sudah banyak dikenal masyarakat mengerti akan hal ini. Oleh karena itu, ASUS secara resmi memperkenalkan teknologi layar ASUS OLED di Indonesia melalui acara bertajuk “ASUS OLED Launch - See The DIFFERENCE with ASUS OLED”.

Lalu, untuk siapakah laptop dengan layar OLED ini ditujukan?

1. Untuk Content Creator

Sebagai seorang yang bekerja pada industri kreatif digital, tentu kualitas layar yang baik sangat dibutuhkan. Hal ini dikarenakan kualitas output karya yang dihasilkan akan sangat bergantung pada proses editing yang dilakukan menggunakan perangkat elektronik, seperti laptop atau PC. Oleh karena itu, Asus menghadirkan inovasi baru, yaitu dengan adanya laptop yang memiliki layar OLED, keunggulan layar OLED milik Asus ini diantaranya adalah:

- Warna lebih kaya dan akurat

ASUS OLED mampu mereproduksi 100% warna pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% warna pada color space sRGB. Kemampuan tersebut membuat ASUS OLED dapat menampilkan visual dengan warna yang lebih kaya dan detail yang lebih baik.

Tingkat reproduksi warna yang tinggi juga dibarengi dengan tingkat akurasi warna yang tinggi pula. Setiap laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga setiap laptop yang menggunakan ASUS OLED dapat menghasilkan warna yang sangat akurat. ASUS OLED juga memiliki standar kalibrasi warna yang tinggi dan telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display.

- Tampilan Tetap Jernih Meski Pada Tingkat Kecerahan yang Rendah

Layar ASUS OLED menggunakan 3D color gamut sebagai referensi. 3D color gamut menambahkan faktor iluminasi untuk mengukur color volume secara keseluruhan dan ASUS OLED memiliki color volume 60% lebih besar dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya. Hal ini bebeda dengan laptop pada umumnya yang hanya menggunakan 2D color gamut sebagai referensi, sehingga saat menurunkan tingkat kecerahan, tingkat akurasi warna pada layar seringkali akan menurun.

Laptop yang menggunakan ASUS OLED dapat menghadirkan tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi pada rentang tingkat kecerahan yang lebih luas berkat color volume yang lebih besar. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED bahkan tetap mampu menampilkan warna dengan jelas, kaya, serta akurat pada tingkat kecerahan rendah dimana layar laptop pada umumnya hanya mampu mereproduksi warna sebesar 11%.

2. Untuk Pelajar dan Pekerja

Selama masa pandemi ini, kegiatan harian seperti sekolah dan bekerja sebagian dilakukan secara daring. Oleh karena itu, kebutuhan akan laptop yang menunjang performa belajar dan bekerja tentu sangat dibutuhkan. Laptop Asus dengan layar OLED memiliki beberapa keuntungan untuk kegiatan bekerja dan belajar, yaitu:

- Gratis Office Home & Student 2019 Seumur Hidup

Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program, dan data Anda.

- Adanya Mode Eye-Care

Adanya Work From Home (WFH) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menyebabkan lama waktu menatap layar menjadi bertambah. Hal ini berakibat pada paparan radiasi sinar biru yang lebih lama. Paparan radiasi sinar biru pada layar laptop merupakan penyebab utama kelelahan pada mata bahkan dapat mengganggu kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED memiliki fitur Eye-Care yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70%. Dengan demikian, laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED akan lebih nyaman digunakan dan dapat lebih menjaga kesehatan mata penggunanya, khususnya pada anak-anak.

3. Untuk Penikmat Film dan Serial Web

Adanya pandemi sedikit banyak telah menggeser cara kita mengakses multimedia, seperti film dan serial web. Hal ini terbukti dengan maraknya aplikasi seperti Netflix yang dapat digunakan untuk streaming film dan serial favorit kita. Dalam hal ini, laptop seringkali digunakan sebagai perangkat untuk menontonnya. Menonton menggunakan laptop yang memiliki fitur Asus OLED, akan menyebabkan pengguna merasakan sensasi baru dalam menikmati sebuah film melalui laptop. Hal ini karena layar Asus OLED memiliki beberapa keunggulan, seperti:

- Detail Warna dan Visual yang epik

Berbeda dengan layar laptop pada umumnya yang masih menggunakan panel backlight, ASUS OLED terdiri dari jutaan lampu LED berukuran sangat kecil. Setiap LED dapat dimatikan sepenuhnya sehingga mampu menghasilkan warna hitam sempurna dan memiliki kontras warna yang sangat tinggi. Bahkan, ASUS OLED hadir dengan rasio kontras hingga 1.000.000:1, sehingga Anda dapat menikmati setiap detail warna dengan sangat jelas.

ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi Display HDR 500 True Black dari VESA. Artinya, Anda juga dapat menikmati beragam konten multimedia yang disajikan dengan format HDR secara sempurna. Pengalaman visual terbaik hanya bisa didapatkan melalui laptop yang telah menggunakan teknologi layar ASUS OLED.

- Menikmati multimedia tanpa adanya blur

ASUS OLED dilengkapi dengan response time yang sangat kencang yaitu hingga 0,2ms atau 50 kali lebih kencang dari layar laptop pada umumnya. Dengan hal ini, pengalaman menonton multimedia dengan gerak cepet, seperti pada film action akan terasa lebih menyenangkan dan tidak mengganggu mata.

Response time yang lebih kencang memungkinkan tampilan visual dengan gerak cepat dapat dihadirkan secara lebih tajam dengan detail yang tinggi. Dengan demikian, Anda tidak akan lagi melewatkan berbagai detail dari film action serta tidak lagi kesulitan untuk membaca teks berjalan karena ASUS OLED mampu menampilkannya dengan sangat baik tanpa efek blur.

Selain keunggulan- keunggulan yang dijelaskan pada poin- poin di atas, Asus juga sudah ditenagai dengan prosesor Intel Core generasi ke-11 terbaru (Tiger Lake) yang menghadirkan keseimbangan performa dan responsifitas dalam platform berdaya rendah yang dibuat berdasarkan teknologi proses 10nm generasi ketiga. Prosesor generasi terbaru tersebut hadir tidak hanya dengan peningkatan performa dari generasi sebelumnya, tetapi juga memiliki tingkat konsumsi daya yang lebih optimal. Hal tersebut membuat Anda dapat berkegiatan lebih lama tanpa harus menghubungkan laptop ke sumber listrik.

Layar pada laptop Asus OLED ini juga berukuran luas, sehingga nyaman digunakan untuk membuka berbagai aplikasi secara bersamaan. Sebagai contoh, bagi pekerja dan pelajar yang ingin membuka berbagai aplikasi sekaligus, seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Google tentu akan lebih nyaman jika dilakukan pada layar yang luas seperti layar pada laptop Asus dengan layar OLED.

Dari sisi penyimpanan, laptop Asus dengan layar OLED memiliki slot kartu SSD yang dapat membuat laptop lebih cepat dan responsif dengan dimensi yang lebih kecil dan membuat data pada laptop menjadi lebih aman. RAM pada laptop Asus dengan layar OLED juga dapat di- upgrade karena terdapat slot untuk menambah RAM.

Asus dengan layar OLED sangat cocok digunakan untuk kegiatan produktif maupun hiburan karena mempunyai beragam fitur yang membantu pengguna dalam menjalankan berbagai aktifitasnya dengan nyaman dan aman tanpa khawatir terpapar radiasi sinar biru berlebih. Selain itu, prosesor Intel Core generasi ke-11 terbaru (Tiger Lake) yang dimiliki oleh laptop Asus OLED juga turut mendukung aktifitas Anda karena memiliki performa yang tinggi dan daya yang optimal, sehingga kita dapat beraktifitas lebih lama tanpa perlu menghubungkan laptop ke sumber listrik.

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui link https://oled.asus.web.id/?utm_source=Blogger&utm_campaign=BloggerCompetition&utm_id=BloggerCompetition

https://tr.zencreators.id/banner/oled-728x90.php

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image