Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Liana Fajarwati

Efektivitas Bea Cukai dalam Mencegah Peredaran Barang Ilegal

Ekonomi Syariah | Thursday, 05 Oct 2023, 14:41 WIB

Bea Cukai adalah lembaga negara yang bertugas untuk melakukan pengawasan, pengaturan, dan pengawalan terhadap masuknya barang impor, ekspor, serta kepabeanan di seluruh pelabuhan yang ada di Indonesia. Bea Cukai juga mempunyai tugas untuk mencegah peredaran barang ilegal.

Meskipun peran Bea Cukai sangat penting dalam mencegah peredaran barang ilegal, tetap ada masalah yang sering terjadi di lapangan. Peredaran barang ilegal masih bisa dijumpai di toko-toko yang menjual barang-barang ilegal atau pada pasar-pasar yang memperjual-belikan barang illegal, seperti narkoba, senjata api, tanaman langka, dan berbagai jenis barang lainnya.

artikel yang bersumber dari internet dan sosial media

Namun, dengan upaya-upaya yang dilakukan oleh Bea Cukai, peredaran barang ilegal dapat diminimalisir. Salah satu tindakan yang dilakukan adalah meningkatkan pengawasan terhadap barang-barang impor yang masuk di pelabuhan-pelabuhan yang ada di Indonesia.

Selain itu, Bea Cukai juga terus meningkatkan keterampilan dan kompetensi karyawan dalam melakukan pemeriksaan terhadap barang-barang impor dan ekspor di pelabuhan-pelabuhan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas Bea Cukai dalam mencegah peredaran barang ilegal di Indonesia.

Tetapi, meski sudah melakukan berbagai upaya untuk meminimalkan peredaran barang ilegal, tindakan ini tidak akan berhasil tanpa bantuan dari masyarakat. Ada banyak masyarakat yang lebih memilih membeli barang ilegal karena harganya yang murah daripada membeli barang yang legal karena harganya yang mahal. Masyarakat juga sering membantu dalam peredaran barang illegal.

Karenanya, penting untuk melakukan kampanye yang lebih gencar tentang bahayanya barang-barang ilegal dan kerugian yang akan terjadi jika barang-barang ilegal terus diperdagangkan. Selain itu, penting juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memilih barang yang legal meskipun harganya lebih mahal.

Secara keseluruhan, efektivitas Bea Cukai dalam mencegah peredaran barang ilegal di Indonesia sudah cukup baik. Meski masih ditemui peredaran barang-barang ilegal di beberapa daerah, tetapi Bea Cukai terus melakukan berbagai upaya untuk meminimalkan peredaran barang ilegal di Indonesia. Serta, peran penting dari masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam memerangi peredaran barang-barang ilegal. Masyarakat harus sadar akan bahaya barang-barang ilegal dan memilih barang yang legal untuk mendukung pengembangan ekonomi negara.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image