UAD Sediakan Beasiswa Fully Funded Scholarships bagi Juara NSDC

Info Kampus  
Rektor UAD, Kepala BPTI Kemendikbudristek foto bersama dengan peserta NSDC di Kampus 4 UAD Yogyakarta, Selasa (3/10/2023). (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menjadi host National School Debating Championship (NSDC) Senin-Sabtu (2-7/10/2023). UAD menyediakan beasiswa penuh atau fully funded scholarship bagi juara 1, 2, dan 3 yang berkeingan melanjutkan kuliah di UAD.

Rektor UAD, Prof Dr Muchlas MT mengemukakan hal tersebut saat membuka National School Debating Championship (NSDC) di Amphitarium lantai 9 Kampus 4 Yogyakarta, Selasa (3/10/2023). NSDC yang mengangkat tema 'Speak of Your Mind, Speak for Indonesia' ini diikuti perwakilan siswa dari seluruh provinsi di Indonesia dan tiga sekolah Indonesia di luar negeri yaitu Riyadh dan Jeddah (Arab Saudi), dan Kuala Lumpur (Malaysia).

BACA JUGA : UAD Gelar International Youth Camp Jembatan Mahasiswa Jadi Global Citizen

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Prof Muchlas mengatakan tahun 2045 Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Sehingga pemuda yang akan menjadi usia produktif di tahun tersebut harus dilatih mulai dari sekarang agar memiliki skills.

"Kalau pemuda tidak disiapkan sekarang bukan bonus demografi, tetapi bencana demografi. Tentu ini tidak kita inginkan, karena ini sesuatu yang harus dihindari. Karena itu, berkompetisi merupakan sarana untuk meningkatkan kepercayaan diri," Kata Muchlas.

Muchlas menambahkan peserta NSDC ini merupakan anak-anak pilihan yang sudah melewati seleksi ketat. Kompetisi NSDC nanti akan memilih juara 1, 2, 3. UAD memiliki komitmen untuk membangun generasi muda Indonesia melalui pengembangan talenta.

"Nanti kami akan memberikan bagi pemenang 1, 2, dan 3 fully funded scholarship, beasiswa penuh kuliah di UAD. Tetapi ada beberapa Prodi yang tidak bisa dimasuki. Silakan juara 1, 2, 3 menghubungi Wakil Rektor Bapak Gatot Sugiharto atau Kepala BAA UAD kalau didaftarkan langsung menjadi mahasiswa kita tahun depan. Syaratnya lulus," kata Muchlas.

BACA JUGA : UiTM Ajak Mahasiswa UAD Ikuti Modern Language Olimpiade di Malaysia

Sementara Kepala BPTI, Asep Sukmayadi mengatakan NSDC merupakan acara yang diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendibudristek). Ada 111 peserta terbaik dari masing-masing provinsi di Indonesia dan tiga sekolah Indonesia di luar negeri yang hadir di Kampus UAD.

BPTI, jelas Asep, bertugas mengembangkan kegiatan, olimpiade, festival dan lomba sekitar 40 kegiatan. BPTI selain mengasuh pelajar mengikuti NSDC untuk berdebat, juga melakukan pemetaan, asesemen, pelatihan para pemandu talenta, dan pelatihan adik-adik semua.

"Jadi selain menyelenggarakan kegiatan kompetisi, juga melakukan kegiatan untuk mendukung akuisisi talenta, pemetaan data dan lain-lain. Itu diamanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024. Menyiapkan SDM Unggul melalui pengembangan talenta nasional," kata Asep.

Acara ini sekaligus merupakan seleksi bagi peserta yang akan diikutkan pada kompetisi debat tingkat dunia. Karena itu, Asep mengharapkan semua peserta mengikutknya dengan penuh semangat pada kesempatan yang hanya dua atau empat hari ke depan. Selanjutnya, peserta yang jumlahnya 111 ini akan meniti karir belajar yang lebih tinggi.

"Ini merupakan kegiatan pertama yang diselenggarakan secara Luring. Sudah dilakukan lomba debat Bahasa Indonesia, baik di SMA/SMK/MA dan perguruan tinggi," kata Asep Sukmayadi. (*)

BACA JUGA : 42 Mahasiswa Baru Asing UAD Berbaur Ikuti Program Pengenalan Kampus

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image