Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adhyatnika Geusan Ulun

Sekolah-Sekolah Bengkulu Selatan Studi Tiru ke SMP Darul Falah 2 KBB

Edukasi | Tuesday, 03 Oct 2023, 23:13 WIB
Foto bersama MKKS dan Bupati Bengkulu Selatan ke SMP DarulFalah 2 KBB.(istimewa)

Oleh: DR. H. Agus HD. Idris, S.Ag., M.M

Adalah kebanggaan bagi SMP Darul Falah 2 sebagai Skolah Penggerak yang dikunjungi Bupati Bengkulu Selatan beserta MKKS dan 38 SMP negeri dan swasta dalam rangka Studi Tiru.

SMP Darul Falah 2-Sekolah Penggerak

SMP Darul Falah 2 Cihampelas, merupakan sekolah pengembangan dari SMP Darul Falah yang berada di bawah Yayasan Pondok Peantren Darul Falah Bandung Barat. Sekolah ini terbilang masih muda, berdiri pada 2012, namun dalam kurun waktu tiga tahun bisa terakreditasi sangat memuaskan dengan katagori 'A' pada 2015.

Pada 2016, SMP Darul Falah 2 menjadi sekolah imbas Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dari SMP Darul Falah. Dengan menerapkan langkah-langkah sesuai SPMI tersebut, sekolah mampu berkembang mengikuti jejak para pendahulunya. Hal ini terbukti dengan loncatan-loncatan keberanian untuk berinovasi dan berani berubah menuju peningkatan mutu.

Sebagai bukti inovasi dan kreativitas yang dikembangkan SMP Darul Falah 2 ialah mampu bersaing dalam seleksi Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan I yang dicanangkan Mendikbudristek, Mas Nadziem. Bahkan, dari sejumlah seleksi yang begitu ketat dengan berbasis digital, bersama dengan sekolah menengah pertama di Kab.Bandung Barat lainnya, yaitu SMP Negeri 3 Cipatat, SMP Negeri 4 Cikalongwetan dan SMP Negeri 5 Gununghalu, SMP Darul Falah 2 menjadi Sekolah Penggerak dengan hasil yang membanggakan.

Penulis sebagai Kepala SMP Darul Falah 2 mencatat bahwa ketika digelar pelatihan PSP pertama tergabung dalam kelas 8 lintas kabupaten, di antaranya Sukabumi, Bogor, Padang, Rejanglebong dan Bengkulu Selatan. Saat itu, keempat sekolah dari KBB di atas, selalu menjadi inisiasi dan rujukan dari peserta yang lainnya.

Selanjutnya, pada tahun ketiga program Merdeka Belajar ini, SMP Darul Falah 2 disamping menjadi Sekolah Pengimbas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), tercatat sebagai salah satu sekolah tempat Studi Tiru.

Studi Tiru Kab. Bengkulu Selatan

Sekolah-sekolah yang menggelar Studi Tiru, di antaranya adalah SMP Muslimin Garut, SMP IT At Taqwa Lampung, dan yang terbaru adalah dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kab. Bengkulu Selatan yang mengikutsertakan sebanyak 38 kepala sekolah negeri dan swasta pada 1 Oktober 2023.

Lebih membanggakan lagi adalah rombongan tersebut didampangi oleh Bupati Bengkulu Selatan beserta istri. Sungguh, merupakan bentuk nyata dukungan moril dan motivasi yang luar biasa bagi peserta lainnya. Selain itu, hal tersebut merupakan kesungguhan pemerintah daerah dalam mendukung terlaksananya program Implementasi Kurikulum Merdeka.

Bupati Bengkulu Selatan dan Istri, beserta kepala SMP Darul Falah 2 dan kepala SMP Darul Falah

Seperti diketahui, Studi Tiru merupakan konsep belajar yang dilakukan pada suatu lembaga yang dianggap lebih kompeten. Studi Tiru dilaksanakan salah satu tujuannya untuk membawa manfaat, meningkatkan sinergi, dan membangun kerja sama antara masing-masing lembaga pelaksananya.

Bupati Bengkulu Selatan apresiasi capaian SMP Darul Falah 2

Dalam kunjungan kerjanya, Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, S.E.,M.M., sangat terkesan dengan sejumlah capaian Sekolah Penggerak Kab.Bandung Barat, terutama SMP Darul Falah 2. Menurutnya, Studi Tiru yang dilaksanakan pada kesempatan tersebut diharapkan dapat diimplementasikan oleh sekolah-sekolah yang hadir.

Bupati Bengkulu Selatan dan rombongan lebih terkesan lagi saat digelar diskusi yang sangat akrab dan penuh kekeluargaan. Saat itu, selain penulis, juga tampil sebagai narasumber, yakni Ati Rosmiati, M.Pd dari SMPN 3 Cipatat, dan Hj. Euis Lesmini Juanda, M.Ed. (SMPN 5 Gununghalu) yang berbagi praktik baik. Terlebih, program yang telah digelar oleh PSP KBB bekerjasaman dengan Unesco, melalui Arigatau Internasional tentang Pendidikan Etika.

Lebih jauh disampaikan Bupati, pihaknya, selain mengpresiasi capaian SMP Darul Falah 2, mengucapkan terima kasih atas sambutan dari penyelenggara, juga berkenan untuk menerapkan praktik baik yang dipresentasikan sekolah tersebut.

"Terimakasih dan mohon perkenannya apa yang bisa ditiru dari praktik baik SMP Darul Falah 2 bisa dikembangkan pula sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah," ujarnya. ***

Akhirnya, Penulis merasa bahwa sejumlah prestasi yang diraih SMP Darul Falah 2 tentu melalui proses yang panjang. Dan, semuanya dapat terwujud karena dukungan dari semua pihak, terutama para stakeholders; Dinas Pendidikan KBB yang terus mendorong peningkatan kualitas layanan pendidikan, serta warga sekolah yang senantiasa mendukung program-program sekolah menuju pendidikan yang lebih bermutu dan maju. ***

Penulis adalah Kepala SMP Darul Falah 2 Cihampelas KBB.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image