Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image aya selvira varella

Promosi Kesehatan tentang PHBS oleh Mahasiswa FKP UNAIR

Edukasi | Tuesday, 26 Sep 2023, 20:13 WIB

Oleh : mahasiswa fakultas keperawatan Universitas Airlangga


Menurut WHO, promosi kesehatan adalah proses yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan individu dan masyarakat dalam mengendalikan faktor kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatannya. Promosi kesehatan merupakan kebangkitan kembali pendidikan kesehatan di masa lalu. Dalam konsep promosi kesehatan, tidak hanya sekedar proses penyadaran masyarakat dalam memberikan dan meningkatkan pengetahuan di bidang kesehatan, namun juga merupakan inisiatif untuk menjembatani perubahan perilaku baik dalam organisasi maupun lingkungannya.

Menurut kementerian sosial, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan wujud orientasi hidup sehat dalam budaya individu, keluarga, dan masyarakat yang mengutamakan pengembangan, pemeliharaan, dan pemeliharaan kesehatan jasmani, mental, spiritual, dan sosial. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat. Beberapa diantaranya adalah kebiasaan mencuci tangan dengan air bersih, menerapkan pola makan bersih dan sehat, dan rutin melakukan aktivitas fisik.

Promosi kesehatan dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan hidup sehat individu, keluarga, kelompok, dan komunitas, untuk mengembangkan penelitian kesehatan yang didukung masyarakat, dan untuk menciptakan lingkungan yang sesuai yang mendorong terbentuknya keterampilan tersebut. Untuk itu, mahasiswa fakultas keperawatan Universitas Airlangga kelas A3 angkatan 2021 melaksanakan promosi kesehatan, salah satu contohnya promosi kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang diadakan pada hari Kamis tanggal 24 November 2022 di SDN Mulyorejo 1 Surabaya. Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada kehidupan sehari-hari sangat penting. Karena dengan penerapan phbs yang baik dan benar, kita dapat mengurangi risiko terkena penyakit dan dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Promosi Kesehatan ini berjudul CHANGE (Clean, Healthy, and Germ Free) 2022. Sasaran promosi kesehatan ini adalah siswa siswi SDN Mulyorejo 1 Surabaya. Kegiatan yang dilakukan pada promosi kesehatan ini berupa memberikan edukasi mengenai perilaku hidup sehat (PHBS) kepada sasaran yang dituju dan juga praktik tentang tata cara menyikat gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar.

Referensi :

Nurmala, I., Rahman, F., Erlyani, N., Laily, N., & Anhar, V. Y. (2018). Promosi Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image