Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andalan

Silfester Matutina Ketum Solmet : Erick Thohir Layak Jadi Cawapres

Politik | Monday, 25 Sep 2023, 00:48 WIB
Relawan pendukung Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Solidaritas Merah Putih (Solmet) dalam acara Rembuk Nasional Bersama Presiden Jokowi di Bogor, Rabu, (19/9/2023). Dok. Solmet

Jakarta - Relawan pendukung Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Solidaritas Merah Putih (Solmet) menilai Menteri BUMN Erick Thohir potensial untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024. Ketua Umum (Ketum) Solmet, Silfester Matutina menjelaskan, Erick Thohir merupakan figur nasionalis dan cerdas.

“Pak Erick Thohir juga potensial untuk menjadi cawapres, beliau juga sosok yang cukup cerdik dan seorang merah putih,” kata Silfester dalam keterangannya, Rabu (19/9/2023).

Selain itu, pihaknya juga melihat Erick Thohir sebagai sosok yang kompeten karena mampu membawa BUMN menjadi lebih baik saat ini. Maka dari itu, dia tak menampik banyak relawan Solmet yang mulai menggalang dukungan untuk Erick Thohir.

Bahkan, nama Erick Thohir sempat dilontarkan kepada Jokowi saat menghadiri acara rembug nasional (rembugnas) relawan Solmet di Kota Bogor pada Sabtu (15/9/2023) lalu. “Nama Erick Thohir salah satu yang diperbincangkan sebagai calon wakil presiden, dan sudah ada grup-grup relawan yang membentuk fans clubnya Erick Thohir,” ucap Silfester.

Dia meyakini Jokowi juga kemungkinan besar mendorong Erick Thohir untuk menjadi cawapres. Menurutnya, Jokowi dapat memainkan peran vital dengan menawarkan Eks Presiden Inter Milan tersebut kepada para ketum parpol di koalisi pemerintahan.

“Mungkin Pak Presiden bisa mendorong, menawarkan pimpinan-pimpinan partai,” jelas Silfester.

Pengamat Politik dan Direktur Executive Partner Politik Indonesia, AB Solissa menuturkan, Erick Thohir berupaya mendekati anak muda dengan berbagai kegiatan jelang Pemilu 2024. Upaya itu membuat Erick Thohir punya citra positif di kalangan milenial dan Gen Z. Tak heran, kini Ketua Umum PSSI itu mulai disukai anak muda. Solissa menuturkan, kedekatan dengan anak muda itu terbangun karena karakter Erick Thohir yang dikenal luwes dan tidak berjarak dengan berbagai kelompok.

“Dia (Erick Thohir) sangat dekat dengan pemilih Gen Z dan Milenial. Jadi pendekatan-pendekatan kepemudaan ini lah yang membuat pemilih milenial dan gen z sangat respect dengan Pak Erick Thohir,” kata Solissa dalam keterangannya, Kamis (14/09/2023).

Di sisi lain, Erick Thohir juga mendekati anak muda melalui dunia sepak bola. Keberhasilan Timnas Indonesia ikut mendongkrak tingkat kesukaan generasi muda kepada Erick Thohir. Pasalnya, pecinta sepak bola Indonesia yang kebanyakan berasal dari anak muda. “Selama memimpin PSSI, Erick Thohir mampu membangkitkan gairah dan semangat masyarakat, anak muda terhadap sepak bola,” ucap Solissa. (red)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image