Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Hikmah Penciptaan Manusia dan Tujuannya dalam Islam

Agama | Tuesday, 19 Sep 2023, 09:19 WIB
sumber: freepik.com/@garakta_studio

Pernahkah sahabat berpikir, "Untuk apakah manusia diciptakan?"

Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir menjelaskan bahwa Allah SWT menciptakan hamba agar menyembahNya dan tidak mempersekutukanNya. Siapa yang taat kepadaNya, pahalanya sempurna. Siapa yang bermaksiat kepadaNya, siksa yang pedih untuknya.

Allah SWT tidak membutuhkan hambaNya. Melainkan hamba-hambaNya yang membutuhkannya karena Allah SWT adalah Sang Pencipta dan Pemberi Rezeki. Ketegasan ini memberikan kejelasan aturan hidup bagi manusia sehingga manusia memiliki kebebasan untuk memilih dan mengakui jati diri mereka sebenarnya.

Hikmah Penciptaan Manusia dalam Islam

1. Khalifah di Bumi: Salah satu hikmah terpenting dari penciptaan manusia dalam Islam adalah bahwa manusia dianggap sebagai khalifah (wakil) Allah di muka bumi. Manusia diberi tanggung jawab untuk mengelola dan merawat alam semesta ini dengan baik. Ini mencakup menjaga kelestarian lingkungan, hewan, dan tumbuhan serta menjalankan keadilan dalam tatanan sosial.

2. Menjalankan Ibadah dan Taqwa: Hikmah lain dari penciptaan manusia adalah untuk beribadah dan mencapai ketaqwaan kepada Allah SWT. Dalam agama Islam, ibadah adalah panggilan yang utama bagi manusia. Ibadah mencakup shalat, puasa, zakat, dan ibadah lainnya yang menjadikan manusia lebih dekat dengan Allah dan memperkuat hubungan antara hamba dengan Sang Pencipta.

Tujuan Hidup Manusia dalam Islam

1. Mengenal Allah SWT: Tujuan utama hidup manusia dalam Islam adalah untuk mengenal Allah SWT. Ini mencakup pengembangan pemahaman yang lebih dalam tentang keberadaan Allah, sifat-sifat-Nya, dan mengukuhkan keimanan dalam jiwa.

2. Mengembangkan Akhlak yang Baik: Manusia juga diberi tanggung jawab untuk mengembangkan akhlak yang baik. Ini mencakup sifat-sifat seperti kejujuran, kesabaran, kebaikan, dan kasih sayang. Dalam Islam, akhlak yang baik adalah salah satu kunci untuk mendekatkan diri kepada Allah.

3. Membantu Sesama: Membantu sesama manusia adalah tujuan penting dalam Islam. Ini mencakup berbuat baik kepada orang lain, membantu yang membutuhkan, dan berperan dalam membangun masyarakat yang adil dan sejahtera.

4. Mencapai Kebahagiaan: Kebahagiaan sejati dalam Islam bukan hanya mencapai kesenangan materi atau duniawi semata, tetapi juga mencapai kedamaian batin dan kepuasan dalam ketaqwaan kepada Allah. Tujuan hidup manusia dalam Islam adalah mencapai kedamaian dan kebahagiaan sejati melalui ketaqwaan dan ibadah kepada Allah.

Penciptaan manusia dalam Islam memiliki hikmah yang mendalam, termasuk menjadi khalifah di bumi. Tujuan hidup manusia dalam Islam adalah mengenal Allah, mengembangkan akhlak yang baik, membantu sesama, dan mencapai kebahagiaan. Dalam menjalani kehidupan, umat Islam diharapkan untuk menjalankan tugas dan tujuan ini agar dapat mencapai kebahagiaan dan keselamatan tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image