Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bilqisti Nur Masitoh

Tetap Berpenghasilan Meski di Rumah

Agama | Friday, 15 Sep 2023, 22:39 WIB
https://id.pinterest.com/pin/45176802504457735/

Menjadi Mompreneur ala Teh Vita

Istilah Mompreneur kini sudah banyak dikenali oleh masyarakat banyak. Sehingga, menjadi seorang ibu tidak harus melulu berurusan dengan urusan dapur saja. Dengan merebaknya e-commerce dan aplikasi chat seperti WhatsApp, hal ini tentu sangat mendukung para ibu yang ingin menjadi seorang enterpreneur dengan di rumah saja. Maka tidak jarang kita mendengar banyak ibu yang sudah memulai bisnis atau bahkan telah mencetak angka keberhasilan yang tidak sedikit.

Tidak terkecuali dengan Ibu Nurvita Silviyana yang menjadi narasumber kami di wawancara exclusive kemarin (Rabu, 23 Agustus 2023). Ibu dua anak ini telah memulai bisnisnya sejak 10 tahun yang lalu, yaitu di awal-awal pernikahan beliau. Ibu Vita atau yang kami panggil Teh Vita memulai bisnisnya di beberapa bidang. Beliau mencoba banyak hal dalam berjualan. Seperti berjualan gamis syar’i yang beliau jalani dengan sistem dropshipper.

Namun sayang, bisnis gamis yang beliau jalani tidak bertahan lama, dan pada akhirnya beliau harus terus mencari banyak jalan bisnis lainnya. Seperti berjualan sepatu, tas dan kue. Masya Allah, hebatnya beliau tidak pantang menyerah dengan bisnis-bisnis yang ia tekuni. Meskipun itu harus jatuh bangun. Benar-benar menggambarkan jiwa muslimah sejati, pantang menyerah.

Setelah banyak proses, kesabaran, kerja keras dan doa, Teh Vita 2 tahun belakangan mulai bergabung di bisnis British Propolis. Ibu yang telah menginjak 29 tahun ini tentunya harus pintar-pintar dalam membagi waktu antara bisnis British Propolis dan waktu untuk suami dan kedua anaknya. Beliau banyak bercerita bagaimana cara beliau me-manage waktunya dengan sangat rapi. Waktu untuk berbisnis beliau khususkan di pagi hari, di waktu ketika kedua anaknya telah berangkat ke sekolah dan suaminya juga telah berangkat untuk bekerja. Beliau akan mengerjakan pekerjaan rumah terlebih dahulu, kemudian 4 jam setelahnya beliau akan sisihkan untuk memposting dan mempromosikan produk British Propolis beliau.

Bagi Teh Vita, sebagai seorang muslim, berbisnis bukan hanya sekadar mencari cuan. Namun, bagaimana dalam berbisnis itu sendiri ia bisa mendapatkan komunitas yang mendukungnya dari berbagai aspek. Terutama dalam ibadah. Dalam komunitas BP ini, mentornya tidak hanya mengajarkan bisnis. Namun, jauh dari itu juga banyak hal tentang ibadah juga diajarkan oleh mentor beliau. Contohnya, para mitra BP memiliki waktu khusus yaitu pada jam 3 pagi, untuk berkumpul bersama melalui via Zoom. Hal ini diharapkan agar para mitra bisa membiasakan diri dalam bertahajjud. Teh Vita dan banyak mitra BP lainnya merasa, bisnis BP ini tidak hanya menguntungkan di sisi duniawinya saja. Namun, justru sisi akhirat pun beliau juga mengambil banyak manfaat.

Dalam bisnis BP-nya, beliau bisa mendapatkan pendapatan di atas UMR setiap bulannya. Tentunya ini juga menjadi PR bagi beliau sebagai Momenterpreneur dan ibu rumah tangga dalam mengelolah keuangan rumah tangga beliau dengan suami. Beliau harus pintar-pintar membagi persentase keuangan agar tidak terbengkalai.

Dalam wawancara kemarin Teh Vita berpesan, agar dalam berbisnis kita harus menjadikan Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wasallam sebagai teladan kita. Karna beliau adalah teladan kita dari segala aspek kehidupan, beliau juga telah memulai karirnya sebagai pebisnis di umur beliau yang ke-8 tahun.

Teh Vita juga menyarankan, agar ibu-ibu mengajarkan mindset yang baik kepada anak-anak dari sejak dini. Contoh mindset tentang uang, “hasilkan banyak uang, bukan tabung banyak uang.” Karena dengan banyak uang mereka bisa membantu diri mereka terlebih dahulu, kemudian orang tua, lalu orang di sekitar mereka.

Dalam berbisnis, kita juga tidak perlu malu ketika menebar manfaat pada orang lain. Tidak perlu malu dalam mempromosikan produk yang kita jualkan. Karena dalam proses promosi kita, berarti kita sedang berikhtiar dan bertawakkal kepada Allah atas rezeki kita. Menyerahkan segala keadaan yang mungkin akan terjadi di kemudian hari kepada Allah. Satu hal penting lagi yang Teh Vita sampaikan bahwa dalam setiap langkah kita, terutama dalam berbisnis harus disertai ridha kedua orang tua bagi mereka yang masih di bawah tanggungan keduanya. Dan ridha dari suami bagi mereka yang sudah berpindah bakti.

kelompok 7 Tugas Kewirausahaan

Aissa allifafitri (211002036)

Desy Sapitri Haslam (211002039)

Huryatul Muhafizah (211002046)

Najmah (211002051)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image