Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Apa Saja yang Dipelajari di Prodi Fisika?

Edukasi | Thursday, 14 Sep 2023, 09:45 WIB
Sesi Pengenalan Program Studi (Prodi) Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta (Dok. Zahro)

Program Pengenalan Kampus (P2K) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang diselenggarakan selama satu minggu dibagi menjadi beberapa sesi, salah satunya adalah sesi pengenalan Program Studi (Prodi) yang dilaksanakan pada Rabu, 13 September 2023 di masing-masing zona.

Pengenalan Program Studi Fisika dilaksanakan di lantai 5 kampus 4 UAD dengan menghadirkan Ketua Program Studi (Kaprodi) Fisika, Damar Yoga Kusuma, B.Eng., Ph.D. beserta dosen-dosen Fisika lainnya.

Prodi Fisika UAD resmi berdiri pada tanggal 19 Desember 1994 berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor 102/D/O/1994. Prodi ini dibuka dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan sarjana berbasis ilmu murni yang juga terampil dalam ilmu terapan, sesuai dengan tuntutan kemajuan sains dan teknologi. “Prodi Fisika UAD memiliki 3 bidang fokus pengembangan keilmuan atau bidang peminatan diantaranya Metrologi, Material Elektronika dan Instrumentasi,” ungkap Damar.

Lebih lanjut, Damar menjelaskan bahwa Prodi Fisika fokusnya bukan hanya teoritis, bukan hanya menurunankan dan membuktikan rumus-rumus. “Akan tetapi, disamping itu Prodi Fisika harus membawa ke aplikasi yang lebih terapan atau terlihat. Kemudian dikembangkan dalam ketiga bidang peminatan itu,” ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh Dita Pratama Putra, Ketua Himpunan Mahasiswa Fisika, “Tema P2K Prodi Fisika tahun ini lebih kepada pengenalan 3 peminatan yang ada di Fisika. Hal tersebut karena Fisika UAD memiliki 3 peminatan yaitu Metrologi, Material Elektronika dan Instrumentasi.”

Tidak hanya penjelasan mengenai Prodi Fisika saja, namun dalam kegiatan ini juga terdapat pengenalan dosen-dosen Fisika beserta peminatannya. Sebelumnya mahasiswa baru Fisika juga telah melakukan lab tour yang dipandu oleh para pengurus Himpunan Mahasiswa. “Total mahasiswa baru Fisika tahun ini sebanyak 8 anak. Walaupun jumlahnya tidak sebanyak Prodi lain, namun Prodi Fisika tetap perhatikan kualitas mahasiswanya,” tutup Dita. (Zah)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image