Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Tips Mengikuti Perkuliahan untuk Mahasiswa Baru

Edukasi | Tuesday, 12 Sep 2023, 10:35 WIB
Tiga Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Ahmad Dahlan (UAD) 2023 (Dok. Zahro)

Sebelum menghadapi perkuliahan, mahasiswa baru (maba) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta wajib mengikuti rangkaian acara Program Pengenalan Kampus (P2K). Pada Minggu, 10 September 2023, UAD Yogyakarta serentak selenggarakan technical meeting (TM) P2K dan Masa Ta’aruf (Masta). Acara tersebut dilaksanakan di fakultas masing-masing, terdapat pemaparan barang yang wajib dibawa dan perkenalan panitia di dalamnya.

Farah Amalia Zahra dan Walidah Muda dari Fakultas Kedokteran (FK) mengungkapkan rasa bangganya bisa melihat universitas yang bangunan dan fasilitasnya bagus. “Memilih FK UAD karena fasilitasnya sudah mumpuni. Dalam menghadapi perkuliahan, penting bagi mahasiswa baru untuk melakukan persiapan secara fisik dan juga mental. Kecemasan yang dirasakan lebih kepada diri sendiri, takut jika melakukan kesalahan,” tuturnya.

“Saya memilih FK UAD karena memiliki nilai-nilai Islam dan Muhammadiyah selama perkuliahan. Latar belakang sedari TK sampai SMA juga sudah di Muhammadiyah jadi ingin melanjutkan perkuliahan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Pastinya dalam menghadapi perkuliahan nantinya, kesehatan fisik dan mental itu harus benar-benar disiapkan. Selain itu, hal lain yang harus disiapkan adalah kebutuhan-kebutuhan selama perkuliahan,” timpal Nasywa Aura Salsabila selaku maba FK UAD 2023. “Merasa bangga, semangat, dan senang tapi juga cemas. Namun kecemasan itu masih normal terjadi. Cemas karena takut tidak bisa beradaptasi atau mengikuti rangkaian acara yang ada di perkuliahan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Josie Rubina Aurora S. selaku maba FK UAD 2023 dalam wawancaranya mengatakan bahwa saat mendaftar FK UAD sudah banyak persiapan yang telah ia lakukan. Mulai dari menyiapkan kelengkapan dokumen dan lain sebagainya. Kesiapan metode belajar yang efektif di tengah-tengah padatnya perkuliahan di kampus dan di pesantren perlu diperhatikan, selain itu kesiapan mental dan kesehatan fisik juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan dalam menghadapi perkuliahan. “Saya memilih UAD karena sedari kecil sudah dikenalkan oleh orang tua tentang UAD. Kedua orang tua saya juga merupakan alumni UAD. Mereka mengatakan bahwa UAD memiliki perbedaan tersendiri dari universitas swasta lainnya, mulai dari fasilitasnya, alumninya dan Kemuhammadiyahannya juga menjadi nilai lebih. FK UAD sudah dengan pesantrennya, jadi bisa mendapat paket komplet menyeimbangkan antara pendidikan dan agama,” ujarnya.

Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa dalam menghadapi perkuliahan nantinya persiapan mental dan juga kesehatan fisik merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Harapannya agar tetap bisa mengikuti kegiatan perkuliahan dan kegiatan lainnya dengan baik. (Zah)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image