Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Literasi Indonesia

Sosialisasi ANBK di SMP Negeri 1 Krembung

Sekolah | Saturday, 09 Sep 2023, 13:17 WIB
Foto bersama dengan wali murid

SMP Negeri 1 Krembung mengadakan Sosialisasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) bagi peserta didik dan orang tua peserta didik yang berlokasi di Meeting Room. Acara yang terlaksana Sabtu, 2 September 2023 ini diawali sambutan dari Kepala SMPN 1 Krembung, Kasiyanto, S.Pd., M.Si.

Pelaksanaan ANBK di SMP Negeri 1 Krembung terjadwal gelombang 1 tanggal 18-19 September 2023. Sampling peserta ANBK yaitu 45 peserta utama, 5 peserta cadangan dengan jumlah seluruhnya 50 peserta didik.

ANBK sendiri memiliki tujuan meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan informasi yang akurat di setiap sekolah untuk memperbaiki proses belajar mengajar di sekolah yang nantinya akan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sambutan diakhiri ucapan terima kasih atas kehadiran dan dukungan orang tua peserta didik demi kelancaran dan kesuksesan ANBK di SMPN 1 Krembung.

Acara selanjutnya pemaparan terkait ANBK oleh Waka Kurikulum, yaitu ada 3 instrumen ANBK, meliputi: (1) Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) peserta didik, (2) Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter peserta didik, (3) Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

AKM akan menjadi tolok ukur penilaian yang komprehensif untuk mengukur kemampuan minimal peserta didik. AKM sendiri akan terdiri dari tes kemampuan literasi dan numerasi, sehingga peserta didik, kepala sekolah, dan guru harus lebih mempersiapkan diri. Kelancaran pelaksanaan ANBK bergantung pada sarana dan prasarana yang ada di sekolah, teknisi, pengawas, dan proktor yang handal, dan tak kalah pentingnya adalah ranah sosial emosional.

Kegiatan sosialisasi ANBK berakhir pukul 10.30 dengan bacaan hamdalah bersama-sama yang dipandu oleh pembawa acara, sekaligus ucapan terima kasih. Semoga acara sosialisasi ini memberikan pencerahan dan manfaat bagi peserta didik, wali murid /orang tua peserta didik terkait pelaksanaan ANBK di SMPN 1 Krembung tahun ajaran 2023/2024.

Penulis: Dewi Resmiwati, S.Pd.

(Guru SMPN 1 Krembung Sidoarjo)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image