Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Sulit Kembangkan Diri, Tim Pengabdian UAD Beri Edukasi Anak Pekerja Migran di Malaysia

Edukasi | Thursday, 07 Sep 2023, 17:41 WIB
Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (UAD) beri edukasi anak pekerja migran di Malaysia (Dok. Istimewa)

Tim Pengabdian Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang diketuai oleh Dessy Pranungsari, S.Psi., M.Psi., Psikolog, yang beranggotakan Ns. Nurul Kodriati, S.Kep., M.Med.Sc., Ph.D. dan apt. Putri Rachma Novitasari, S.Farm., M.Pharm.Sci. telah melakukan pengabdian masyarakat di Malaysia pada 29 hingga 30 Agustus 2023. Kegiatan ini berlangsung di Sanggar Bimbingan Kepong (SBK), Kuala Lumpur, Malaysia, pukul 10.30‒12.30 MYT (waktu Malaysia) dengan jumlah peserta 19 orang yang merupakan anak pekerja migran Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir perwakilan dari Pimpinan Cabang Istimewa ‘Aisyiyah (PCIA) Malaysia dan wali murid. Adapun materi yang disampaikan yakni terkait pendidikan seksualitas bagi anak ditinjau dari kesehatan dan psikologi. Sesi pertama berisi materi yang disampaikan tentang kesehatan reproduksi remaja dan kesetaraan gender. Materi ini disampaikan dengan melibatkan peserta secara aktif dan interaktif untuk memahami dan mengidentifikasi gender dan apa yang dapat memengaruhi ketidaksetaraan gender. Gambar cetak dan kertas plano juga digunakan sebagai media untuk merangsang kemampuan dalam membangun critical thinking.

Materi pada sesi kedua berfokus pada pencegahan pelecehan seksual. Rose magic card dipilih sebagai media pembelajaran psikologi untuk mengetahui respons anak terhadap tindak pelecehan seksual. Kartu-kartu yang tersedia didesain untuk menggali, mendiskusikan respons terhadap situasi-situasi sosial yang mungkin mereka hadapi.

“Kegiatan pengabdian ini merupakan program terbaru dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UAD skema internasional. Dalam hal ini, kami berfokus pada pendidikan seks mengingat kasus kekerasan seksual pada anak terus meningkat setiap tahunnya,” terang Dessy dalam sambutannya.

Salimah, salah satu guru di Sanggar Bimbingan Kepong menyambut hangat kedatangan tim pengabdian UAD. “Minimnya akses pendidikan, sosial, maupun ekonomi, membuat anak-anak pekerja migran kesulitan untuk mengembangkan diri. Melalui kegiatan pengabdian ini, mereka bisa mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat,” ungkapnya. (ish)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image