Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhamad Amrizal

Kesyari'ahan Situs Web atau Aplikasi DGMall Syariah

Agama | Monday, 04 Sep 2023, 14:37 WIB
pemeriksaan proses dari situs web atau aplikasi DGMall Syariah

Jakarta - DGMall Syariah merupakan situs web atau aplikasi perdagangan elektronik. konsep dari DGMall Syariah sendiri adalah marketplace yang menggunakan syariat islam dalam melakukan aktivitas berbelanja dan bertransaksi.

Akan tetapi dari mana kah kita tahu bahwa DGMall Syariah benar-benar mengandung kesyari’ahan dalam melakukan aktivitas berbelanja dan bertransaksi ?, siapakah yang memeriksa kesyari’ahan dari situs web atau aplikasi DGMall Syariah ?

Mengenai hal ini DGMall Syari’ah ternyata sudah mengajukan konten tashih ke Dewan Syariah Nasional MUI pada tanggal 06 Oktober 2022 lalu. Dalam prosesnya pihak MUI perlu mengkaji terlebih dahulu dokument - dokument tentang situs web atau aplikasi DGMall Syariah.

Untuk mendapatkan sertifikat konten tashih tersebut pihak DGMall Syariah mendapatkan beberapa saran dari pihak MUI. yang diantaranya adalah :

1. Tidak terdapat foto produk dengan model vulgar, prono grafi,

2. Tidak terdapat produk haram seperti alkohol, khamar dan beberapa produk haram lainnya

3. Tidak ada produk senjata api.

4. Tidak ada nama produk yang haram seperti sambel “setan”

5. Menggunakan akad transaksi antara pihak pembeli, pihak penjual dan DGMall syariah sebagai pihak penengah.

6. Tidak ada pay latter konvensional.

Dari saran pihak MUI tersebut, pihak DGMall Syariah berusaha untuk menerapkan hal tersebut mulai dari screening produk, menerapkan akad transaksi yang terkait dan menerapkan pay latter yang sudah syariah.

Pada tanggal 21 juni 2023 DGMall Syariah mengadakan rapat kembali dengan pihak MUI untuk memeriksa proses dari situs web atau aplikasi DGMall Syariah ini apakah sudah sesuai standarisasi konten tashih syariah atau belum.

Pada tanggal 21 Agustus 2023 pihak MUI telah mengeluarkan sertifikat konten tashih untuk DGMall Syariah, sertifikat tashih ini menunjukkan bahwa DGMall Syariah telah sesuai standard tashih buku dan konten keislaman dari MUI. Dengan nomor sertifikat ( NO. 61/SKL/LPBKI-MUI/X/2022 )

Dari sini lah kita mengetahui bahwa situs web atau aplikasi DGMall Syariah sudah sesuai dengan standarisasi konten keislaman berdasarkan penilaian dan pengawasan MUI.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image