Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dede Ariyanto

Mengenal Rekapol24 Urgensi Kampanye Digital dalam Politik Elektoral

Politik | Tuesday, 29 Aug 2023, 16:34 WIB
Launching platform digital REKAPOL24.ID

Berdasarkan data dari tahun ke tahun, pandemi Covid-19 meningkatkan jumlah pengangguran dan tingkat kemiskinan. Namun demikian, dapat kita syukuri bahwa saat pandemi melanda Indonesia bertransformasi digital malah berkembang dan mendisrupsi sektor bisnis serta ekonomi.

Perkembangan ekonomi digital yang telah hadir di sekitar kita contohnya seperti berbagai jenis e-commerce dan juga layanan financial technology (fintech) yang semakin marak di kalangan masyarakat.

Di zaman internet yang serba terhubung ini, platform digital menjadi kunci utama dalam memfasilitasi berbagai aktivitas di dunia maya. Kegiatan mulai dari berbelanja online hingga berinteraksi dengan teman melalui media sosial, menjadi beberapa output tren modernitas saat ini.

Digital platform merupakan infrastruktur daring berbasis perangkat lunak yang memfasilitasi interaksi dan transaksi antar pengguna.

Digital platform dapat bertindak sebagai pengumpul data untuk membantu pengguna menavigasi sejumlah besar informasi, seperti mesin pencari sebagai penghubung untuk memungkinkan transaksi antar pengguna, seperti pasar digital atau sebagai alat kolaboratif untuk mendukung pengembangan konten baru, seperti komunitas daring.

Digital platform juga dapat menggabungkan beberapa fitur ini, seperti ketika pelantar media sosial menyediakan pencarian informasi dan penghubung para pengguna. Dalam era digital yang terus berkembang, platform digital memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari kita.

Dari e-commerce hingga media sosial, tren digital platform memberikan berbagai manfaat yang signifikan. Termasuk dalam sektor bisnis, kehadirannya bisa menjadi manfaat sekaligus tantangan.

Itulah mengapa para pelaku bisnis yang ingin memanfaatkan praktik digital marketing melalui platform digital, ia perlu terbuka dengan manfaat dan tantangan ini. Sehingga mampu mengambil langkah-langkah untuk mengatasi hal tersebut.

Melihat perkembangan dan peluang diatas, PT.Reka Swarga Adhikara, perusahaan yang bergerak dibidang jasa dan marketing yang sudah berdiri dan berkiprahsejak tahun 2016 dengan menyelaraskan model bisnis dan strategi pemasaran digital. Pada tahun 2019 PT.Reka Swarga Adhikara sudah melibatkan diri di kontestasi politik Indonesia yaitu menjadi mitra digital para calon kepala daerah dalam kontestasi pilkada.

Pada hari Senin, 28 Agustus 2023 tepatnya di Ruang Serbaguna Menara Bidakara 1 Jakarta, berlangsung launching platform digital REKAPOL24.ID dengan Tema “Urgensi Kampanye Digital dalam Politik Elektoral”. Dipandu oleh Asri Sabani (moderator) dengan Panelis: Sherly Annavita (tokoh milenial Indonesia) Arif Nurul Imam (analisis Politik Ipsos Public Affair) Mahmuzin Taher (founder Rekapol24.id) Hanif Helmi Aziz (praktisi IT GM Digital Bussines)

Rekapol24 adalah platform kampanye politik digital dengan mengaplikasikan metode algoritma cerdas didalam sebuah layanan device mobile guna diperuntukan bagi peserta Pemilu 2024 baik Partai Politik maupun perorangan (Calon Legislatif).

Apa manfaat Rekapol24? Rekapol24 memberikan solusi bagi para caleg berupa sistem Peta Politik, untuk memenangkan kontestasi pemilu di daerah pemilihan, di mana pemilih akan didominasi oleh generasi Z dan millenial. Rekapol24 juga didukung oleh bigdata realtime, sehingga memiliki informasi data audience (kelompok sasaran) yang akurat untuk para pengguna melakukan aktivitas kampanye digital.

Rekapol24 memungkinkan pengguna menentukan sendiri kelompok audience berdasarkan kategori usia, teretorial pemilih (sampai pada tingkat desa) dan kecenderungan perilaku pemilih dalam menggunakan media digital.

Untuk Pemilihan legislatif tahun 2024, PT.Reka Swarga Adhikara membuat satu digital platform "REKAPOL24.id yang akan menjadi wadah calon legislatif untuk campaign digital and self campaign pada calon pemilih serta diharapkan dengan adanya Rekapol24 kandidat dapat menganalisa melalui big data yang akurat serta real time yang dimiliki Rekapol24, sehingga dapat menentukan strategi kampanye yang efektif dan tepat sasaran.

Dengan hadirnya Rekapol24.id sebagai dashboard yang mengintegrasi political analysis & kampanye digital, diharapkan menjadikan manajemen kampanye lebih efektif dan terukur. Disamping itu kampanye digital sangat efektif menjangkau generasi Milenial dan GenZ.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image