Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yanti WD

Menangani Keluhan Konsumen dan Reaksi Perusahaan

Info Terkini | Thursday, 30 Dec 2021, 15:45 WIB

Apa yang di maksud Komsumen? Perilaku konsumen Atau di sebut juga dengan consumer behavior ialah suatu bidang studi yang cukup sangat luas, yaitu merupakan suatu studi untuk menginvestigasi proses pertukaran individu dan kelompok guna memperoleh, mengkonsumsi, dan mendisposisi barang, jasa,ide serta pengalama..

Kepuasan konsumen sangat penting bagi setiap organisasi, baik sektor jasa ataupun sektor barang, oleh karena itu tidak setiap waktu produsen dapat memuaskan konsumen. Karena ada begitu banyak konsumen yang menggunakan produk dan setiap konsumen menggunakannya secara berbeda, sikap yang berbeda, dan berbicara secara berbeda.

Perilaku keluhan konsumen terjadi apabila suatu produk dan atau jasa yang dipakai oleh konsumen tidak sesuai dengan yang diinginkan.Keluhan pelanggan atau konsumen Menurut Engel (Rangkuti,2003:59) Dapat di sampaikan secara langsung maupun melalui media tertentu.secara langsung misalkan dengan mengungkapkannya secara lisan kepada suatu perusahan.Keluhan pelanggan juga dapat di sampikan melalui media tertentu Misalkan memasukkan surat yang di masukkan dalam kotak suatu perusahaan,bisa juga dengan cara menulis pada media massa seperti koran Di bagian Kolom pembaca.

Banyaknya perusahaan yang bersaing, mengharuskan setiap perusahaan memerlukan usaha untuk tetap mempertahankan konsumennya. Satu hal yang perlu untuk diperhatikan adalah bahwa penanganan komplain konsumen merupakan strategi jangka panjang yang membutuhkan komitmen dan kerja keras.

Bagaimana sih cara menangani keluhan komsumen?Cara Menangani Keluhan dari Pelanggan atau konsumen yaitu yang pertama dengan cara Sabar Dan Jangan Terbawa Emosi karna Suatu perusahaan atau bidang bisnis pada umumnya memiliki staf sebagai customer service untuk menangani customer.yang kedua Memahami Keluhan Yang Disampaikan Pelanggan jadi kunci utama dari hal ini yaitu dengan diharuskan untuk selalu siap dalam memahami dan menerima sebuah keluhan yang disampaikan oleh komsumen. Jadi keluhan apa saja yang disampaikan pelanggan sebagai alasan keluhan / komplainnya, maka sebaiknya memahaminya dulu agar bisa mencari solusi atau jalan keluar terbaik.

Cara Penanganan yang ke tiga yaitu dengan Memberikan Tawaran Bantuan Kepada Pelanggan dan Mengakui Kesalahan Dan Meminta Maaf Kepada Pelanggan,Serta Menjadikan Keluhan Dan Komplain Sebagai Bahan Evaluasi Bersama. Pada setiap masalah baik keluhan maupun komplain yang datang dari pelanggan tentunya tidak selalu menjadi hal negatif bagi usaha Anda. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir akan masalah tersebut. Kemudian Anda perlu mengubah pikiran dan menjadikan keluhan sebagai kesempatan untuk terus maju.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image