Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Begini Cara Memindai Kode QR pada Gambar di Layar iPhone

Teknologi | Monday, 28 Aug 2023, 17:33 WIB
iPhone (foto: Jesshots/SSDarindo)

Memindai kode QR dengan iPhone sangat mudah: cukup buka aplikasi Kamera dan arahkan ke kode objek. iPhone Anda akan membaca QR dan menampilkan tautan untuk mengetuk. Tetapi Anda tidak dapat mengarahkan kamera ke kode QR pada gambar atau foto di layar iPhone.

Hal ini bisa menjadi masalah jika seseorang mengirimi Anda foto kode QR atau jika kode QR muncul di situs web. Namun jangan khawatir; berikut adalah dua trik keren untuk memindai kode QR yang muncul sebagai gambar di layar iPhone Anda.

Gunakan Teks Langsung untuk Memindai Kode QR di Layar iPhone Anda

Metode pertama adalah dengan menggunakan fitur Live Text bawaan di iPhone Anda. Selain mendeteksi kode QR saat Anda menggunakan kamera iPhone, Live Text dapat mengenali kode QR pada gambar dan tangkapan layar yang tersimpan di iPhone Anda.

Jika kode QR yang perlu Anda pindai ada di situs web atau aplikasi, ambil tangkapan layar di iPhone Anda untuk menyimpan gambar ke perpustakaan foto Anda. Demikian pula, jika seseorang mengirimi Anda foto kode QR, simpanlah ke perpustakaan foto Anda menggunakan Lembar Berbagi iOS (menu Berbagi).

Selanjutnya, buka aplikasi Foto, ketuk gambar, dan tekan ikon Teks Langsung di sudut kanan bawah. Ketuk kode QR yang disorot dan pilih Buka di Safari untuk memuat halaman web.

Unduh Pemindai Kode QR Gratis

Jika Live Text tidak berfungsi dengan baik, tetapi Anda masih perlu memindai kode QR di layar iPhone dengan cepat, pilihan lainnya adalah menggunakan pemindai kode QR pihak ketiga. Aplikasi gratis yang kami rekomendasikan adalah QR Reader untuk iPhone.

Setelah mengunduh dan meluncurkan aplikasi, ketuk OK saat aplikasi meminta akses ke kamera iPhone Anda. Ketuk ikon bunga di bagian atas untuk mengakses perpustakaan foto Anda. Pilih gambar atau tangkapan layar dengan kode QR. Tunggu beberapa detik hingga aplikasi memuat halaman web untuk Anda.

Memindai Kode QR di iPhone Anda dengan Mudah

Dengan salah satu dari metode ini, Anda dapat dengan mudah memindai kode QR yang muncul di foto atau tangkapan layar yang tersimpan di iPhone Anda. Anda tidak perlu lagi bergantung pada perangkat lain untuk memindai kode QR dalam file gambar.

Sekarang setelah Anda mengetahui cara memindai kode QR dari layar iPhone Anda, mengapa tidak bereksperimen dengan membuat kode QR Anda sendiri? Kemudian, Anda dapat mengirimkannya kepada orang lain untuk berbagi tautan, detail kontak, dan lainnya. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image