5 Tips Belanja dengan Gaya Frugal Living, Ribet Enggak Sih?

Gaya Hidup  
5 Tips Belanja dengan Gaya Frugal Living, Ribet Gak sih?

GENPOP -- Gaya hidup Frugal Living sekarang banyak yang menggandrungi, terutama oleh kaum milenial. Gaya hidup tersebut diyakini dapat menghemat anggaran keuangan. Gaya hidup ini juga dikenal sangat terstruktur.

Buat kamu yang punya tujuan di masa mendatang, maka gaya hidup Frugal Living merupakan pilihan yang tepat. Tapi ada hal yang harus diingat, yakni kamu harus membeli barang murah dan membatasi pengeluaran.

BACA JUGA: Cara Hemat Isi Daya Mobil Listrik

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Frugal Living fokusnya adalah membiasakan diri mengatur uang secara tepat. Tepat di sini mengadung dua arti, yaitu efektif dan efisien.

Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini tips berbelanja dengan gaya hidup frugal living yang bisa kamu terapkan:

1. Rencanakan Menu Makanan

Supaya bisa hidup lebih hemat, kamu bisa menuliskan atau membuat perencanaan menu dalam sepekan. Dengan cara inilah, kamu bisa mengatur anggaran belanja.

Kamu juga harus membeli bahan baku makanan yang bisa disimpan di freezer dalam waktu lama, dan ketika mau makan, bisa langsung dimasak untuk kemudian disantap.

2. Upayakan Dapat Poin Belanja

Sekarang banyak supermarket yang menawarkan skema hadiah. Jika pelanggan bisa mendapatkan jumlah poin tertentu saat berbelanja, maka kamu akan mendapat semacam reward berupa barang.

Ini tentu bisa kamu lakukan, tapi harus cermat. Jangan sampai justru menjadi boros hanya untuk mengincar pengumpulan poin tersebut.

3. Pesan Online

Anda bisa memanfaatkan layanan pesan antar secara online untuk menghemat uang dan waktu. Sekarang banyak supermarket sudah menawarkan layanan ini, dan belanjaan akan langsung diantarkan ke rumah. Ada juga berbagai diskon menarik yang ditawarkan.

Namun kamu harus cermat juga, apakah pesan secara offline ada yang lebih murah ketimbang pesan online. Sebab, tak jarang order makanan melalui online justru lebih mahal.

4. Beli dalam jumlah besar sekaligus

Sebagian rumah tangga mungkin menerapkan hal ini. Dengan menyediakan anggaran belanja untuk satu bulan. Cara ini lebih efisien dan efektif, agar kamu tidak menghabiskan waktu untuk belanja lagi dan lagi.

Namun pahami juga bahwa sesuatu yang dibelanjakan secara bulanan ini adalah barang yang dibutuhkan terus-menerus dan awet disimpan dalam waktu lama.

Mungkin kamu akan merasa ini mengeluarkan budget terlalu besar, tetapi ingatlah karena belanjaan tersebut untuk jangka panjang satu bulan. Jadi sebetulnya lebih hemat pengeluaran.

5. Buat daftar belanja yang efektif

Kamu juga harus membuat daftar belanja secara efektif. Biasanya kita suka gelap mata saat melihat barang bagus sehingga mau langsung dibeli.

Itu harus direm atau ditahan. Caranya dengan menuliskan daftar belanja yang harus dibeli, sesuai kebutuhan tentunya.

Berikut ini satu tambahan dari lima poin di atas:

Belanjalah di waktu yang tepat

Kamu harus cermat untuk urusan waktu belanja ini. Sebab, banyak toko offline dan online shop yang mengeluarkan promo atau diskon di tanggal-tanggal tertentu.

Cek juga apakah ada supermarket yang banyak menawarkan diskon dalam tiga hari terakhir dalam sepekan atau tiap akhir pekan. Kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk berbelanja.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image