Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hery Setyawan

Anti Membuli (Antologi Siswa Membudayakan Literasi)

Guru Menulis | Wednesday, 23 Aug 2023, 21:07 WIB

Hari ini kesibukan saya dengan berbagai kegiatan sekolah yang kebetulan mengundang orang tua dalam rangka mensosialisasikan program sekolah tahun pelajaran 2023 – 2024. Serta dibarengi dengan berbagai aktivitas dalam kegiatan pendidikan guru penggerak. Ada kabar yang bahagia yaitu lahirnya buku antologi karya pertama dari siswa/I tempat saya mengajar setelah mencoba beberapa kali di angkatan sebelumnya namun belum pernah berhasil. Buku ini merupakan buku yang sudah kita mimpikan sejak lama.

Cover Buku Antologi Siswa (Dokumen Pribadi)

Walaupun hanya sekedar buku antologi siswa dan masih belum dikatakan sempurna dari sisi penulisannya tetapi kehadirannya benar-benar membawa semangat bagi para penulis. Sebenernya buku ini dibuat masih dalam rangkaian tugas dari CGP terutama dalam penerapan bagja kebetulan saya mengambil Prakarsa perubahan dengan menumbuhkan budaya literasi siswa salah satu targetnya adalah bagaimana bisa menghasilkan karya siswa berupa buku antologi.

Rencana saya harus bisa menghasilkan dua buku antologi siswa, satu buku solo dan satu kali terbit majalah digital sekolah. Semoga dalam rangkaian pendidikan guru penggerak ini semua target tadi bisa kita realisasikan. Penggunaan istilah anti membuli ini saya nama program penulisan buku antologi siswa ini, karena saya pernah menggunakan istilah lain dalam program penulisan seperti nulis bareng kepsek namun rencana tersebut selalu gagal dan tidak pernah membuahkan hasil.

Buku ini saya beri judul salah kelas yang berisi Kumpulan cerita lucu guru dan siswa di sekolah. Kurang lebih ada sekitar 29 penulis siswa terutama kelas 8 yang berhasil menuangkan ide tulisannya. Karena kita tahu Hampir sebagian besar waktu seorang siswa dihabiskan di sekolah, selain kegiatan belajar mengajar banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh siswa selama berada di sekolah. Berbagai aktivitas tersebut dapat menjadi pengalaman yang berharga bagi siswa. Berbagai pengalaman tersebut tidak bisa dilupakan oleh siswa mulai dari pengalaman yang unik, lucu sampai pengalaman yang memalukan semua terlukis indah oleh masing-masing siswa. Buku ini menceritakan tentang pengalaman lucu guru dan siswa SMP Negeri 42 Jakarta. Disajikan dalam bahasa yang sederhana yang mudah dipahami sehingga membawa pembaca untuk mengingat berbagai pengalaman yang dialami oleh guru dan setiap siswa.

Rencana kedua saya dalam mewujudkan program anti membuli ini saya akan membuat antologi yang kedua dengan tema bagaimana pengurus osis yang hebat dimasa yang akan datang. Dan satu buku solo saya yang berjudul catatan receh guru penggerak yang sudah hampir selesai. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya ditengah kesibukan dalam menjalani berbagai aktivitas di CGP dan kegiatan disekolah. Dan pastinya kita akan terus berkarya untuk mengembangkan budaya literasi disekolah tempat saya mengajar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image