Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image renta aviliani

Menarik! Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Membantu Pendaftaran UMKM di E-Commerce Shopee

Bisnis | Sunday, 13 Aug 2023, 17:34 WIB
Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Membantu Pendaftaran Produk UMKM di E-Commerce Shopee

Desa Paninggaran, Pekalongan (25/ 7 / 2023) - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro periode 2023/2024 dilaksanakan kembali secara luring/offline. Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari Universitas Diponegoro (Undip) Tim 2, yang dipimpin oleh Alivia Renta Aviliani Jurusan Manajemen Angkatan 2020 yang meluncurkan sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mendukung pendaftaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Jahe instant di Desa Paninggaran, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan diplatform e-commerce Shopee.

Inisiatif ini bertujuan untuk membantu UMKM lokal agar dapat memperluas jangkauan pasar dan mengoptimalkan potensi penjualan melalui platform digital. Proses pendaftaran UMKM jahe instant di Shopee merupakan langkah yang sangat penting dalam era digital ini.

Melalui platform ini, UMKM memiliki kesempatan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas tanpa harus terbatas oleh batasan geografis. Langkah ini sesuai dengan semangat UU Cipta Kerja yang mendorong percepatan digitalisasi usaha kecil dan menengah.

Alivia Renta Aviliani sebagai pemateri, menjelaskan bahwa mereka mengadakan serangkaian pelatihan dan workshop bagi para pelaku UMKM. Pelatihan ini mencakup cara membuat akun di Shopee, mengelola toko online, mengunggah produk dengan deskripsi yang menarik, serta mengelola inventaris dan layanan pelanggan. Tim juga memberikan panduan tentang penggunaan gambar yang berkualitas dan strategi harga yang kompetitif. Program yang dilaksanakan pada Selasa, 25 Juli 2023 di rumah produksi Ibu Zul ini mendapatkan respon positif dari para pelaku pemilik usaha UMKM jahe instant.

Berangkat dari permasalahan yang dihadapi UMKM di Desa Paninggaran, program pendampingan tersebut diinisiasi untuk mendukung pengembangan UMKM. Shopee dipilih sebagai pembahasan utama dalam pendampingan ini dikarenakan platform tersebut merupakan salah satu platform pemasaran online yang dinilai efektif, di mana pengguna Shopee yang sangat banyak.

Pendaftaran UMKM di Shopee tidak hanya memberikan manfaat ekonomi bagi pelaku usaha, tetapi juga memberikan keuntungan bagi konsumen yang dapat menikmati akses lebih mudah ke beragam produk lokal. Dalam pandemi ini, digitalisasi menjadi kunci bertahan bagi banyak usaha, dan inisiatif seperti yang dilakukan oleh tim KKN Undip Tim 2 ini memiliki dampak positif yang besar.

Pada program tersebut, mahasiswa secara langsung memberikan pendampingan, mulai dari pembuatan akun Shopee, penjelasan mengenai fitur yang tersedia, hingga kiat-kiat dalam pengelolaan konten untuk menarik konsumen. Namun tidak hanya memberikan pendampingan untuk mendaftarkan produk mereka ke e-commerce, tetapi juga membantu UMKM untuk memahami cara berkomunikasi dengan pelanggan, merespon pesan, dan mengelola feedback yang diberikan oleh konsumen. Dengan adanya dukungan ini, diharapkan UMKM lokal dapat membangun reputasi yang baik di platform e-commerce.

Diharapkan bahwa langkah positif yang diambil oleh Mahasiswa KKN Undip Tim 2 ini akan menginspirasi komunitas lain untuk melakukan hal serupa. Dalam era digital seperti sekarang, kolaborasi antara perguruan tinggi, mahasiswa, dan pelaku usaha sangatlah penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan perkembangan UMKM di Desa Paninggaran.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image