Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Karyati Niken

Inilah Cara Mencari Rumah Nyaman untuk Keluarga!

Gaya Hidup | 2023-08-09 10:45:48

Hunian pilihan keluarga yang nyaman menjadi pilihan tepat untuk beristirahat atau berkumpul bersama keluarga. Untuk merasa di rumah di mana hati Anda berada. Keputusan untuk memilih rumah sebagai tempat tinggal kita yang sebenarnya, tidak bisa dilakukan begitu saja. Ketika Anda membeli rumah, Anda membuat komitmen jangka panjang.

Bagaimana Cara Menemukan Perumahan yang Nyaman?

Untuk mendapatkan rumah yang nyaman untuk ditinggali, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebagai pegangan. Berikut beberapa tips untuk mendapatkan rumah yang nyaman di situs jual beli rumah online.

1. Sesuaikan dengan Anggaran

Dalam membeli rumah, hal pertama yang harus diperhatikan adalah anggaran yang telah Anda siapkan. Pastikan akomodasi yang Anda cari sesuai dengan budget yang telah disiapkan. Hindari mencari rumah yang harganya jauh di atas anggaran untuk menghindari menumpuknya utang yang mengakibatkan ketidakstabilan ekonomi keluarga.

2. Sesuaikan dengan Lokasi Tempat Kerja

Lokasi juga merupakan kriteria utama. Kami pribadi tentu memiliki ikatan emosional: kenangan, mimpi yang telah lama terpendam, dengan area lokasi tertentu. Jika Anda sudah memiliki pekerjaan tetap, ada baiknya Anda mencari rumah yang lokasinya dekat dengan tempat kerja Anda. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam bekerja, sekaligus menghemat transportasi ke tempat kerja.

Lokasi juga penting, karena kita juga ingin nilai rumah kita terus naik dari waktu ke waktu. Lebih dari itu, lokasi yang baik, artinya juga mudah dijangkau, dekat dengan berbagai fasilitas umum dan sosial.

Rumah dengan lokasi yang tepat bisa membuat kita lebih bahagia dalam jangka panjang. Oleh karena itu, kita juga perlu membuat prioritas: apa yang harus ada dan tidak bisa ditawar, misalnya bebas banjir, dekat dengan jaringan transportasi massal, minimal ada 3 kamar dan sebagainya.

3. Pertimbangkan Membeli Rumah Baru atau Bekas

Apakah Anda memilih untuk tinggal di rumah tua tapi bagus, atau rumah baru dengan gaya minimalis modern. Tentu saja kembali kepada Anda: preferensi dan pilihan gaya hidup Anda. Masing – masing memiliki plus minusnya.

Memperhatikan budget yang Anda miliki, mengingat rumah baru atau rumah bekas juga dibutuhkan untuk mendapatkan rumah yang nyaman bagi keluarga. Anda bisa memilih rumah baru atau bekas yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

4. Pastikan rumah berada di area yang strategis

Untuk memudahkan Anda mengakses fasilitas umum atau mendapatkan berbagai kebutuhan rumah tangga, pastikan tempat tinggal yang akan Anda beli berada di kawasan yang strategis. Anda bisa mengecek apakah rumahnya dekat dengan sekolah, tempat ibadah, mini market/pasar, dan fasilitas kesehatan. Jika Anda menggunakan transportasi umum, pertimbangkan juga ketersediaan transportasi umum.

5. Pertimbangkan Membeli Tunai atau Kredit

Dalam hunian pilihan keluarga, pertimbangkan juga cara membelinya. Dan kita harus realistis. Rumah pertama mungkin bukan rumah ideal kita. Tentu kita sangat senang jika bisa tinggal di rumah impian kita. Namun yang sering terjadi, kita perlu menyesuaikan ekspektasi kita. Jika rumah impian kita belum terjangkau, saat ini.

6. Proses Pembayaran Mudah

Proses pembayaran bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli rumah. Jika Anda memilih sistem kredit, pastikan proses pembayarannya mudah dengan perjanjian jual beli rumah yang telah disepakati sebelumnya.

7. Proses Pengurusan Sertifikat Tidak Rumit

Membeli rumah tentunya bukan sekedar bangunan fisik, status hukumnya melekat. Sertifikat rumah yang Anda terima, pastikan telah diurus oleh notaris profesional. Jika Anda membeli rumah bekas, pastikan sertifikat yang Anda terima berada di belakang nama.

Statusnya gratis dan jelas. Agar tidak ribet, Anda bisa membeli rumah yang sudah memiliki fasilitas transfer nama gratis. Memiliki rumah untuk keluarga merupakan dambaan setiap orang yang sudah menikah. Agar tidak salah memilih rumah, Anda bisa menggunakan tips di atas sebagai panduan untuk mendapatkan rumah idaman yang nyaman.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image