Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Theresia Gita

Pentingnya Olahraga Sejak Dini

Olahraga | Sunday, 06 Aug 2023, 15:22 WIB

Berikut Ini 10 Manfaat Olahraga

1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Poin pertama ini mungkin termasuk manfaat olahraga bagi tubuh yang paling populer. Hal itu tak mengherankan sebab dengan berolahraga, otot akan bekerja secara aktif sehingga membuat tubuh membakar lebih banyak kalori untuk menghasilkan energi.

Perlu diketahui, kelebihan berat badan atau obesitas dapat memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, pertimbangkanlah untuk segera melakukan latihan fisik yang sesuai dengan kemampuan Anda.

2. Membentuk Massa Otot

Yang kedua, manfaat olahraga secara teratur adalah untuk membantu Anda dalam membentuk massa otot. Hal ini dapat terjadi karena olahraga bisa membantu tubuh melepaskan berbagai hormon yang meningkatkan penyerapan asam amino di otot. Alhasil, proses ini pun membantu mengurangi kerusakan, pertumbuhan, dan terbentuknya otot.

3. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Ketiga, seiring bertambahnya usia kepadatan tulang seseorang akan mengalami penurunan. Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk melakukan latihan fisik secara rutin sejak usia muda untuk membantu mencegah risiko terkena osteoporosis di kemudian hari.

4. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit

Keempat. Menurut penelitian, kurangnya aktivitas fisik termasuk salah satu penyebab utama munculnya penyakit kronis.

Banyak studi menemukan bahwa manfaat olahraga secara teratur adalah untuk meningkatkan sensitivitas insulin, komposisi tubuh, kesehatan jantung, serta menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

5. Mempertahankan Kesehatan Kardiovaskular

Kelima, olahraga sering dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Itu karena latihan fisik dapat membantu Anda untuk mempertahankan tekanan darah, sensitivitas insulin lebih tinggi, dan juga profil lipoprotein plasma yang lebih baik. Selain itu, dalam jangka panjang olahraga juga dapat membuat detak jantung tidak berdegup terlalu kencang.

Peningkatan kekuatan jantung ini biasanya ditandai dengan adanya peningkatan ukuran dan kekuatan otot ventrikel jantung di sebelah kiri yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

6. Menjadi Lebih Bahagia

Yang keenam, olahraga menambah sensitivitas otak untuk hormon serotonin, norepinefrin, dan endorfin. Hormon tersebut membuat seseorang bahagia, memperbaiki mood, dan menekan rasa cemas serta stress. Bagi pasien yang menderita kegelisahan, disarankan untuk rutin berolahraga. Karena aktivitas fisik mampu mengurangi rasa gelisah, tak peduli seberapa tinggi intensitas gerakan olahraganya.

7. Membuat Kulit Sehat

Ketujuh. Ingin kulit terlihat sehat dan glowing? Jawabannya olahraga. Pasalnya, olahraga moderat secara teratur dapat meningkatkan aliran darah sekaligus produksi antioksidan alami tubuh. Fungsi antioksidan dapat melindungi sel-sel, termasuk sel kulit. Alhasil kulit pun sehat dan glowing. Imbangi berolahraga dengan mengonsumsi beragam sayuran dan buah beri (stroberi, blackberry, raspberry, blueberry) yang kaya akan antioksidan sekaligus makanan yang baik untuk penyakit jantung.

8. Membuat Tubuh Menjadi Relax

Kedelapan. Ketegangan yang terjadi selama di kantor dapat membuat anda lelah, pusing, bahkan mengganggu waktu tidur. Tak sedikit yang menyepelekan kurang tidur atau tidur cukup tetapi ketika bangun, kepala menjadi pusing. Hal terburuk akan membuat emosi Anda tidak stabil, hubungan dengan rekan kerja terganggu, hingga mempengaruhi psikis.

Jika demikian, Anda membutuhkan relaksasi. Dan relaksasi bisa Anda dapatkan dengan olahraga. Olahraga dapat merangsang proses relaksasi ketika seseorang tidur. Peningkatan suhu tubuh selama berolahraga juga dianggap meningkatkan kualitas tidur.

9. Baik Untuk Otak Dan Memori

Yang kesembilan. Ini mungkin terkesan sepele, tetapi berolahraga akan memperbaiki fungsi otak dan memori. Secara teknis, berolahraga akan menambah detak jantung yang meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Di sisi lain, kegiatan fisik ini menstimulasi produksi hormon yang memperbanyak pertumbuhan sel otak. Alhasil olahraga dapat memperbaiki fungsi otak dan melindungi memori untuk berpikir. Sebaliknya, jika Anda malas berolahraga dan kurang menjaga asupan bernutrisi akan membuat tubuh obesitas. Bukan tidak mungkin tubuh terserang hipertensi, diabetes, atau stroke.

10. Meningkatkan Peluang Hidup Berumur Panjang

Terakhir. Olahraga rutin adalah salah satu rahasia nya. Anda bisa membiasakan diri untuk berjalan kaki yang ternyata menyimpan banyak manfaat, salah satunya yaitu menurunkan resiko kematian dini. Tentunya, peluang tersebut besar terjadi saat Anda juga mengimbangi asupan makanan yang bergizi dan berimbang serta pola hidup sehat lainnya, ya!

Nah, dengan menyisihkan sedikit waktu untuk berolahraga secara rutin, Anda bisa mendapatkan manfaatnya baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental. World Health Organization (WHO) telah merekomendasikan bahwa orang dewasa berusia 18-65 tahun disarankan untuk melakukan aktivitas fisik dengan tindakan sedang selama 150-300 menit dalam seminggu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image