Manfaat Membaca Bagi Bloger

Image
Maria Tanjung Sari
Gaya Hidup | Wednesday, 29 Dec 2021, 13:19 WIB
Sumber Gambar: Pixabay

Membaca buku mungkin terdengar sangat membosankan bagi sebagian individu. Hal ini dikarenakan kita harus membaca kalimat demi kalimat agar dapat memahami jalannya cerita sebuah buku atau menarik kesimpulan dari tema yang ditulis dalam sebuah buku yang dibaca.

Saya pribadi sebenarnya bukan seorang kutu buku. Walaupun semenjak SMP saya menyukai novel remaja Lima Sekawan yang selalu rutin dibeli setiap bulannya. Beruntungnya orang tua saya selalu mendukung kegemaran saya membaca buku walau itu masih dalam taraf buku cerita.

Menginjak SMA justru kegemaran saya berubah naik level sedikit yaitu mencari novel-novel bergenre percintaan karya Marga T maupun Mira W. Apalagi didukung Ibu saya yang juga mengkoleksi beberapa novel karya Marga T miliki beliau. Saya pun ikut membacanya.

Tahu sendiri novel karangan Marga T selalu tidak jauh-jauh dari tema seputar dunia kedokteran. Dan novel Marga T juga selalu tebal sehingga membacanya bisa memakan waktu berhari-hari. Kalau sudah asyik membaca biasanya saya hanya menghabiskan waktu dua hari saja lho!

Ternyata kegemaran saya berangsur memudar seiring berjalannya waktu. Ketika kuliah justru saya semakin jauh dari buku bahkan buku pelajaran sekalipun. Entah mengapa saya mager sekali untuk membaca di tahun 2000an, terlebih ketika mengenal dunia internet yang masih booming dengan chat MIRC-nya. Hahaha.

Sampai akhirnya di tahun 2019 ini saya menekuni dunia bloger dan mencoba kembali untuk suka membaca buku. Kebayang gak sih 19 tahun lamanya saya hampir sama sekali tidak menyentuh buku. Yang saya maksud dalam arti tidak pernah serius dalam membaca sebuah buku dari awal hingga akhir. Paling hanya dibaca awalnya saja dan ketika tahu tidak menarik saya geletakkan saja di lemari.

Alhamdulillah sudah 2 tahun saya berusaha kembali menyukai buku. Mengapa sih saya harus menyukai buku? Karena saya seorang bloger yang harus banyak membaca buku atau tulisan sesame bloger untuk mendapat banyak manfaat.

Manfaat apa sih yang saya dapat ketika membaca buku terutama berkaitan dengan profesi baru saya yaitu bloger. Manfaat yang saya dapat antara lain:

Memperkaya diksi dan menambah kosa kata

Kalau kita menutup diri dan tak mau membaca tulisan orang lain maka yang terjadi adalah tulisan kita sendiri tidak akan mengalami perkembangan yang signifikan. Pembaca akan cepat menilai bahwa tulisan kita tidak menarik hanya karena tidak ada inovasi tulisan di dalamnya. Berbeda apabila kita memperkaya wawasan dengan membaca karya orang lain maka bisa menambah perbendaharaan kalimat kita sebagai bloger. Selain itu juga kita tidak ingin kan menjadi bloger yang punya kemampuan itu-itu saja.

Menemukan ide menulis baru

Terkadang kita bisa menemukan ide baru untuk menulis justru dari tulisan orang lain. Eitss, jangan samakan menemukan ide baru dengan melakukan plagiarisme ya! Kalau plagiarisme maka kita secara terang-terangan menuliskan kembali hasil tulisan orang lain tanpa disertai kredit sumbernya.

Namun jika kita bisa menemukan ide baru setelah membaca buku atau tulisan orang lain itu artinya kita sedang melakukan proses kreatifitas. Contohnya saja ketika saya menemukan artikel Manfaat Memasak Bagi Ibu Rumah Tangga dimana saya mempunyai ide jika memasak itu tidak hanya bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga saja. Anak kost pun bisa memasak demi menghemat pengeluaran bulanan mereka. Akhirnya saya memiliki ide membuat tulisan mengenai Anak Kost dan Skill Memasak dimana tentu bisa jadi rekomendasi tulisan apabila ada pembaca yang membutuhkan.

Mengetahui berita serta informasi terkini yang sedang terjadi

Dengan membaca maka kita akan selalu update akan perkembangan informasi yang terjadi baik itu di dalam negeri maupun luar negeri. Contohnya saja mengenai berita kematian seorang artis Indonesia bersama suaminya yang di kemudian hari memunculkan polemic atas hak asuk anaknya. Dari sini kita bisa belajar hal baru lagi dari sebuah peristiwa.

Sebagai bloger kita dapat membuat artikel dari berbagai sudut pandang, misalnya saja edukasi mengenai kehidupan pasangan rumah tangga yang harmonis, bagaimana merawat dan membesarkan anak yatim piatu dan lain sebagainya.

Tidak harus menyebutkan nama seseorang dalam mengangkat tema ke dalam tulisan kita, Cukup ambil hikmah positifnya dan tuliskan di blog yang kalian miliki.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan saya mengenai manfaat membaca bagi seorang bloger. Jika kalian masih belum terbiasa membaca secara marathon maka bisa memulainya dengan membaca buku atau artikel yang bertema ringan dan bergenre humor.

Jadikan diri kalian lebih bermafaat dengan membaca buku karena dengan buku akan memperluas cakrawala dan memperkaya pengetahuan. Happy reading!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Saya seorang blogger aktif yang memiliki beberapa blog diantaranya www.mariatanjung.com , www.keliling.my.id , www.curhatanku.com , www.mariatanjungme

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Matilda - Harry Styles Lyrics

Image

SSSTikTok: Free Download Video TikTok Paling Terbaru 2022 Mudah Dan Cepat

Image

Rutan Banda Aceh Laksanakan Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke 114

Image

Ompu Halto

Image

Download Youtube Vanced Apk Versi 2022 Terbaru

Image

Tukang Batu Sikat Surabaya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image