Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Karier Mahasiswa Harus Dipersiapkan Sejak Masuk Kuliah

Edukasi | Monday, 24 Jul 2023, 11:29 WIB
Seminar Nasional Perencanaan Karier dalam rangkaian UAD FAIR 2023 di Kampus Utama Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Ummi Hasanah)

Dalam rangka mendukung dan membangun kesuksesan karier mahasiswa, Pusat Pengembangan Karier (Puska) Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Seminar Nasional Perencanaan Karier pada Sabtu, 22 Juli 2023. Bertempat di Gedung Aphitarium Kampus IV UAD, acara ini dihadiri oleh ratusan peserta baik dari kalangan mahasiswa UAD maupun umum.

Adapun pemateri dalam seminar tersebut ialah Imran Rosadi, S.T., M.Eng. yakni alumnus Program Studi (Prodi) Teknik Kimia yang saat ini menjabat sebagai Direktur PT Pupuk Organik Nusa Tenggara Barat (NTB) dan apt. Alfira Oktaviani, S.Farm. alumnus Prodi Farmasi yang dikenal pula sebagai Founder Semilir Ecoprint.

Kepala Bidang Pusat Pengembangan Karier apt. Hendy Ristiono, M.P.H. dalam sambutannya menyampaikan, “Karier tidak bisa dipersiapkan hanya ketika menjelang semester 7 atau 8. Oleh karena itu, perencanaan karier perlu dipersiapkan sejak semester awal, sehingga setelah lulus mahasiswa sudah mengetahui rencana ke depanya ingin menjadi seperti apa,” tuturnya.

Selanjutnya, Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD dalam sambutannya menuturkan bahwa para mahasiswa harus sudah mulai menentukan pilihan, di antaranya 3 pilihan. “Apakah ingin menjadi tenaga profesional, wirausahawan, ataupun saintis. Oleh karena itu, kita perlu memastikan dan memilih salah satu pilihan dari ketiganya.”

“UAD memfasilitasi dan memberikan banyak pengalaman belajar agar mahasiswa dapat memilih dan menetapkan apa yang diinginkan ke depannya. Oleh karena itu, teman-teman mahasiswa rencanakanlah hidup Anda dan berjalanlah pada rencana tersebut. Jika rencana tidak dirancang dari sekarang, maka Anda akan terlambat,” pesannya. (umh)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image