Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Ar Risalah

Hadir di Ar Risalah, Ustaz Salim A Fillah Ajak Jomblo Segera Menikah

Eduaksi | Monday, 24 Jul 2023, 08:50 WIB
Ustaz Salim A. Fillah saat menjadi narasumber talkshow bertemakan pernikahan di GOR Perguruan Islam Ar Risalah, Kota Padang, Jumat (21/7/2023). [Foto: Humas Ar Risalah]

Ustaz Salim A. Fillah, penulis buku islami dan pendakwah kondang asal Yogyakarta, menekankan pentingnya pernikahan untuk meneruskan generasi muslim. Ia juga membagikan tips dalam memilih pasangan serta cara mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi pemateri talkshow bertemakan "Ketika Kau dan Aku Menjadi Kita" di GOR Perguruan Islam Ar Risalah, Kota Padang, Jumat (21/7/2023). Hadir ratusan orang yang terdiri atas pimpinan, guru, karyawan sekolah itu, dan masyarakat sekitar.

Acara tersebut terlaksana berkat kerja sama Dharmawanita Ar Risalah bersama Badan Pengelola Wakaf Ar Risalah dan Risalah Charity. Talkshow tersebut juga ditayangkan secara langsung di akun Youtube Humas Ar Risalah, dan radio SIPP FM.

Ustaz Salim pada kesempatan itu menyampaikan bahwa pernikahan merupakan sebuah ibadah dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad Saw. Dalam hadis, Rasulullah bersabda bahwa, "Nikah termasuk sunnahku. Barangsiapa tidak mengamalkan sunnahku, ia tidak termasuk golonganku."

Rasulullah juga bersabda bahwa menikah bisa menyempurnakan separuh agama.

"Oleh karena itu, sebagian ulama sampai memberikan pernyataan bahwa meninggalkan pernikahan dengan alasan ibadah saja ditegur oleh Nabi, apalagi meninggalkan pernikahan karena kemaksiatan," ujarnya.

Ustaz Salim menerangkan, menikah adalah cara Allah Swt meridoi manusia agar bisa menyalurkan syahwatnya dengan cara yang baik dan benar.

Jika seseorang menikah dengan niat untuk menjaga kehormatan agamanya serta melindungi diri dari kemaksiatan dan zina, maka Allah yang akan mencukupkan rizkinya. "Barangsiapa yang dalam keadaan fakir sekalipun, maka Allah yang akan mencukupkannya," sebutnya.

Ia juga mengkritik generasi muda saat ini yang semakin ragu untuk menikah. Ia juga mengkritik pasangan yang telah menikah untuk memilih childfree atau tidak punya anak.

Hal tersebut, ungkapnya, bisa mengancam keberlanjutan generasi dan menyebabkan krisis demografi sebuah bangsa. Kondisi inilah yang terjadi di Jepang, Korea Selatan, beberapa negara di Eropa, dan sebagainya.

Oleh karena itu, ia pun mengajak generasi muda muslim untuk tidak takut untuk menikah dan punya anak. Hal tersebut karena, menurut Islam, rizki pasangan dan anak telah ditentukan oleh Allah Swt. Sekarang bagaimana cara mencarinya sebaik mungkin.

Selain itu, Ustaz Salim juga menekankan pentingnya merawat dan menjaga pernikahan. Ini merupakan salah satu ibadah yang paling afdal. Islam memang mengizinkan perceraian. Namun, tindakan itu disenangi iblis dan dibenci oleh Allah. Ia pun mengajak pasangan untuk selalu menjaga komunikasi.

Selanjutnya, dalam memilih pasangan, seseorang bisa melihat bagaimana agama dari calon pasangan yang akan dinikahinya. Jika hubungannya baik kepada Allah, maka itu merupakan salah satu ciri pasangan yang baik.

"Salah satu caranya adalah lihat apakah calon pasangan itu ada salat subuh di masjid. Jika ada, maka ia merupakan pasangan yang baik," sebutnya.

Selain itu, penting juga untuk memeriksa bagaimana pribadi calon pasangan, seperti bagaimana hubungannya dengan ibunya dan siapa teman-temannya. Jika hubungan dengan ibunya baik dan teman-temannya adalah orang baik, maka calon pasangan adalah orang baik. Ia pun mengajak para jomblo segera menikah. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image