Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurul Fajrianti

Simak!! Inilah Pengertian, Manfaat, Serta Tips Manajemen Waktu

Gaya Hidup | Thursday, 20 Jul 2023, 15:18 WIB

Pasti banyak diantara Kamu yang merasa bahwa waktu 24 jam dalam sehari tidaklah cukup untuk melakukan berbagai aktifitas yang harus dilakukan. Padahal waktu 24 jam adalah waktu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktifitas yang sangat banyak, hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan sistem manajemen waktu yang baik.

Dengan sistem manajemen yang kurang baik maka waktu hendak berjalan begitu saja dan terasa sia-sia. Apalagi waktu bukanlah hal yang dapat untuk diatur, tetapi yang dapat diatur adalah aktivitas yang dapat dilakukan dalam waktu tersebut.

Lantas bagaimana dan apa si yang dimaksud dari memanajemen waktu dengan sebaik mungkin? Maka Kamu dapat menyimak artikel ini hingga akhir sebab hendak dibahas mengenai pengertian, manfaat, dan juga tips yang dapat diterapkan agar waktu Kamu dapat dipergunhendak dengan sebaik mungkin.

Pengertian Manajemen Waktu

Manajemen waktu sendiri merupakan cara untuk membagi serta mengelola waktu yang dimiliki untuk melakukan berbagai aktifitas. Hal ini bertujuan agar dalam sehari Kamu dapat menjadi seseorang yang lebih produktif dengan tujuan yang sudah ditetapkan dalam periode waktu yang ditentukan.

Mempunyai kemampuan memanajemen ini memungkinkan Kamu untuk mampu menyelesaikan banyak aktifitas setiap harinya, serta perlu Kamu ketahui bahwa kemampuan ini merupakan salah satu soft skill yang sangat begitu berguna apalagi dalam dunia aktivitas.

Sebab dengan membuat sistem manajemen yang baik maka hendak mempersingkat waktu pengerjaan yang tentunya hendak sangat membantu Kamu dengan berbagai manfaat yang dimliki. Memanajemen berarti membuat deretan waktu dan tugas yang hendak dikerjhendak dalam kurung waktu tertentu.

Manfaat Manajemen Waktu

Mungkin Kamu bertanya-tanya apa sebenarnya manfaat dari menguasai manajemen waktu, maka tidak salah bila Kamu menyimak hingga akhir sebab berikut ini beberapa manfaat yang dapat Kamu rasakan bila Kamu dapat mengatur waktu Kamu dengan baik.

1. Menurunkan Tingkat Stress

Manfaat pertama yang dapat Kamu rasakan adalah dengan kemampuan mengatur waktu dengan baik maka dapat menurunkan tingkat stress yang Kamu miliki. Sebab Kamu tidak hendak lagi cemas dan kebingungan hendak melakukan aktivitas apa terlebih dahulu dalam kurung waktu yang Kamu miliki tersebut.

Dengan kemampuan yang Kamu miliki setelah melakukan satu persatu aktifitas maka Kamu dapat mengetahui apa saja aktivitas yang sudah dilakukan dan mengetahui pencapaian apa yang didapatkan.

2. Mempunyai Waktu Luang Lebih Banyak

Mengerjhendak aktivitas menjadi lebih singkat, focus, dan disiplin maka membuat banyak aktivitas dapat selesai lebih cepat. Hal ini hendak memberikan keuntungan berupa Kamu mempunyai waktu luang yang lebih besar dibandingkan ketika Kamu tidak mampu manajemen waktu yang dimiliki dalam seharian.

Kamu dapat menggunhendak waktu luang Kamu untuk kegiatan-kegiatan lain yang mungkin Kamu butuhkan disela-sela penatnya aktivitas yang Kamu lakukan.

3. Membangun Citra Diri Positif

Dengan menjadi seseorang yang mampu mengatur waktu dengan baik maka pastinya Kamu hendak memberikan citra tersendiri pada diri Anda. Terutama dalam lingkungan kerja maka membuat teman kerja berpikir bahwa Kamu adalah orang yang disiplin, cekatan, focus, dan pastinya juga produktivitas.

Citra diri juga sangat penting untuk kelangsungan karir yang dimiliki, apalagi jika Kamu menginginkan posisi yang mungkin lebih tinggi lagi.

4. Meningkatkan Produktivitas

Dengan kemampuan manajemen waktu maka pastinya Kamu mampu meningkatkan produktivitas kerja setiap harinya. Tidak perlu pusing dan cemas hendak melakukan apa, tetapi Kamu sudah Mempunyai list tersendiri mengenai apa yang hendak dikerjhendak lengkap dengan waktu yang hendak dikerjhendak tersebut.

Tips Manajemen Waktu Yang Baik

Mungkin tidak semua orang dapat mengatur waktu dengan sebaik mungkin, namun bila Kamu ingin belajar dan berusaha menjadi orang yang lebih produktif maka Kamu dapat menyimak beberapa tips berikut ini,

1. Membuat Do-To-List Aktifitas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat list aktifitas lengkap dengan waktu dan lamanya aktivitas. Hal ini hendak membantu Kamu untuk lebih focus dan lebih cermat menentukan apa yang hendak dikerjhendak dalam waktu tersebut.

Membuat list aktifitas ini sebainya dilakukan di malam hari sehingga keesokan harinya Kamu sudah tidak pusing lagi mau melakukan apa.

2. Selesaikan Aktivitas Berdasarkan Prioritas

Dalam mengerjhendak sejumlah aktifitas atau aktivitas maka sangat penting hukumnya untuk Kamu mengetahui prioritas aktifitas terlebih dahulu. Dalam manajemen waktu yang baik maka Kamu disarkankan untuk menyelesaikan aktivitas berdasarkan prioritas kerja terlebih dahulu, penting atau tidak pentingnya aktivitas tersebut.

3. Tetapkan Batas Waktu

Penting untuk membuat batasan-batasan waktu pengerjaan, misalnya pukul 6.00 hingga 9.00 pagi batas untuk Kamu melakukan aktivitas rumah. Selanjutnya Kamu dapat membuat batasan waktu untuk aktivitas yang Kamu miliki setiap harinya, hal ini guna untuk mengefisienkan waktu.

4. Jangan Lupa Istirahat

Dengan kegiatan yang padat dan juga dalam membuat sistem pengaturan waktu maka Kamu jangan lupa untuk memasukkan waktu istirahat diantara padanya aktifitas agar tidak membuat Kamu menjadi sakit.

Demikianlah informasi mengenai pengertian, manfaat, dan juga tips yang dapat Kamu terapkan dalam manajemen waktu agar hidup lebih bermanfaat dalam waktu yang dimiliki.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image