Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image sari tika

10 Tips Bagi Orang tua Saat Memilih Sekolah untuk Anak

Sekolah | Thursday, 20 Jul 2023, 13:48 WIB

Sumber gambar: Freepik

Menyoal tentang parenting, tak akan jauh dengan membentuk karakter dan kepribadian anak. Maka dari itu parenting juga sangat terkait dengan pendidikan eksternal di sekolah.

Orang tua akan mempersiapkan pendidikan terbaik bagi anak mereka. Salah satunya pendidikan di sekolah. Namun, masih banyak PR yang harus dilakukan para orang tua dalam memilih sekolah bagi anak-anak.

Baik dalam segi jarak rumah ke sekolah, kurikulum, guru, kegiatan ekstrakurikuler, dan kebutuhan dari anak. Lalu bagaimana cara agar orang tua dapat dengan tepat memilihkan sekolah bagi anaknya? Yuk simak tipsnya dalam bacan berikut ini.

Tips Memilih Sekolah untuk Anak

Penting bagi anak untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik. Maka dari itu, orang tua punya andil yang sangat besar saat memilihkan sekolah bagi anaknya khususnya anak yang baru akan memasuki pendidikan dasar.

Berikut tips bagi orang tua yang ingin memilihkan sekolah bagi anaknya.

1. Sesuaikan jarak tempuh dan lokasi sekolah

Jarak dan lokasi sekolah menjadi aspek penting dalam memilih sekolah. Pastikan sekolah yang Anda pilih berada dalam jarak yang tidak terlalu jauh dari lingkungan rumah. Pertimbangkan juga lingkungan sekitar sekolah, apakah aman, ramah anak, dan mendukung perkembangan mereka.

2. Cari tahu kebutuhan dan minat anak

Kenali kebutuhan, minat, dan bakat khusus anak. Beberapa anak lebih cocok dengan pendekatan belajar tertentu, seperti pendekatan kreatif atau ilmiah. Pilih sekolah yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

3. Perhatikan reputasi dan akreditasi

Cari tahu reputasi sekolah dan prestasi akademiknya. Lihat apakah sekolah tersebut memiliki akreditasi dari badan pemerintah atau organisasi pendidikan terkemuka.

4. Program dan kurikulum sekolah

Ketahui program pendidikan yang disediakan oleh sekolah, termasuk kurikulum dan pendekatan pembelajaran. Pastikan kurikulum yang ditawarkan sesuai dengan nilai dan tujuan pendidikan yang Anda inginkan untuk anak Anda.

5. Fasilitas dan sumber daya

Periksa fasilitas fisik sekolah dan sumber daya yang mereka miliki, seperti perpustakaan, laboratorium, fasilitas olahraga, dan teknologi pembelajaran. Fasilitas yang memadai dapat membantu mendukung pembelajaran dan perkembangan anak.

6. Ukuran kelas dan rasio guru-siswa

Pertimbangkan ukuran kelas dan rasio guru-siswa. Kelas yang lebih kecil dapat memberikan perhatian individual lebih untuk anak Anda.

7. Pemahaman tentang disiplin dan budaya sekolah

Pelajari bagaimana sekolah menangani disiplin dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi. Pastikan pendekatan sekolah sesuai dengan nilai-nilai keluarga Anda.

8. Melihat testimoni atau mengunjungi sekolah

Mintalah referensi atau cari testimonial dari orangtua yang memiliki anak yang telah bersekolah di sana. Jika memungkinkan, kunjungi sekolah secara langsung untuk mendapatkan gambaran langsung tentang lingkungan dan suasana sekolah.

9. Pertimbangkan Biaya sekolah

Pertimbangkan biaya pendidikan dan pastikan sesuai dengan anggaran keluarga Anda. Jangan hanya melihat biaya sekolah, tetapi juga pertimbangkan manfaat dan nilai tambah yang ditawarkan oleh sekolah tersebut.

10. Komunikasikan dengan anak Anda

Berbicara dengan anak adalah aspek terpenting, tanyakan pendapat mereka dan dengarkan apa yang ingin mereka katakan tentang sekolah yang akan mereka hadiri.

Setiap sekolah memiliki keunggulannya masing-masing, Anda dapat menyesuaikan kebutuhan dari anak. Tidak semua sekolah favorit sesuai dengan kebutuhan anak, yang terpenting adalah mengenali kebutuhan dan minat anak.

Untuk itu persiapkan sekolah terbaik bagi anak dan pilih yang paling tepat bagi masa depan anak Anda. Selain itu, tunjang persiapkan anak dengan berbagai keperluan seperti minyak kayu putih Habbie untuk membantu focus dan memperkuat proteksi kesehatan si kecil.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image