Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image KKNT BOGORKAB30

Berkolaborasi dengan Warga, Mahasiswa KKNT IPB Melakukan 'SAMORI'

Gaya Hidup | Saturday, 15 Jul 2023, 22:16 WIB
Kegiatan SAMORI

Ibu rumah tangga memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga. Kegiatan membersihkan rumah, mengurus anak serta suami, memasak, dan lainnya dilakukan seorang diri oleh ibu rumah tangga. Hal tersebut menyebabkan ibu rumah tangga kesulitan memiliki waktu luang untuk dirinya sendiri, seperti olahraga. Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh dan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh ditengah kesibukan dan rutinitas ibu rumah tangga.

Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat olahraga diantaranya dapat meringankan stress, memperlancar peredaran darah, memperlancar metabolisme tubuh, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah pembiasaan untuk ibu rumah tangga dengan jadwal yang teratur sehingga ibu rumah tangga dapat menyempatkan waktu untuk melakukan olahraga setidaknya 1 jam dalam satu minggu. Pembiasaan tersebut diterapkan dengan bantuan Mahasiswa yang melakukan KKNT di Desa Putat Nutug yang berkolaborasi dengan ibu rumah tangga Kp. Gardu. Pembiasaan ini termasuk ke dalam program kerja mahasiswa dengan tema "SAMORI: Saturday Morning Aerobic and Cleaning".

Program kerja tersebut bertujuan untuk meningkatkan kebiasaan sehat jasmani dan lingkungan. Kesehatan jasmani didukung dengan melakukan kegiatan senam aerobic dengan instruktur yang terlatih selama satu jam pada setiap hari Sabtu. Setelah kegiatan senam, warga sekitar bersama mahasiswa melakukan istirahat bersama dan berikutnya melakukan kegiatan membersihkan sampah disekitar tempat senam.

Tempat senam yang dipilih akan berbeda pada setiap pertemuan bergantung pada titik lokasi pemberisihan sampah. Pembersihan sampah ini mendukung kebiasaan sehat secara lingkungan yang bersih dan terawat serta terhindar dari sampah. Pemberian hadiah kepada masyarakat juga dilakukan untuk meningkatkan antusias dan menambah massa agar semakin banyak ibu rumah tangga yang memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Ziju, ketua kelompok KKN-T Bogorkab30, menyampaikan harapannya dengan adanya kegiatan Samori ini dapat menciptakan pembiasaan yang positif pada masyarakat terutama pada bidang kesehatan dan lingkungan. "Dengan adanya program kerja Samori ini diharapkan masyarakat, terutama ibu rumah tangga, dapat memiliki aktivitas aktivitas yang bermanfaat bagi kesehatan fisik. Pada program kerja pembersihan sampah, diharapkan akan timbul kesadaran masyarakat sekitar untuk menjaga lingkungan dari sampah dan terbebas dari ancaman penyakit," ungkapannya saat kegiatan Samori, Sabtu (15/07).

Sri Rahayu, salah satu warga yang mengikuti kegiatan SAMORI sekaligus ketua Kelompok Kerja PKK yang berfokus pada keamanan pangan sangat mendukung kegiatan ini. "Adanya kegiatan ini dapat menambah kesadaran masyarakat terkait kesehatan tubuh dan tidak membuang sampah sembarangan. Kp. Gardu memiliki titik lokasi pembuangan sampah, sehingga diharapkan warga sekitar dapat membuang sampah ke titik tersebut, bukan sembarang titik,' ujarnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image