Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M. FATHURRAHMAN 2021

Manfaat dan Tujuan Mempelajari Bahasa Arab

Agama | Tuesday, 28 Dec 2021, 12:45 WIB

MANFAAT DAN TUJUAN MEMPELAJARI BAHASA ARAB Mempelajari Bahasa Asing mungkin jarang terpikirkan oleh sebagian orang karena unsur kemalasan dan lain sebagainya. namun ternyata mempelajari Bahasa Asing memiliki manfaat dan bahkan juga dapat menjadikan sebagai bisnis diantaranya membuat les private, karena saat ini banyak orang yang ingin belajar bebahasa. Salah satu contoh bahasa Asing adalah Bahasa Arab. Bahasa Arab bisa dikatakan sebagai bahasa yang cukup sulit untuk dikuasai.

Namun kata sulit bukan berarti tidak bisa. Apabila kita rajin dan terus berusaha, Allah akan memudahkannya untuk kita menguasai basa tersebut. Definisi Bahasa Arab adalah suatu alat komunikasi yang digunakan oleh masyarakat terutama pada masyarakat wilayah Timur Tengah, Afrika dan lain sebagainya.

Bahasa Arab memiliki banyak keistimewaan dan keunggulan dibandingkan dengan bahasa lainnya seperti bahsa yang abadi (karena bahasa Arab bahasa Al-Qura’an), dan juga bahasa penghuni surga. Ada beberapa manfaaat mempelajari bahasa arab dalam kehidupan diantaranya adalah: 1. Untuk mempelajari dan memahami Al-Qur’an Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an.

Mempelajari bahasa arab bagi umat islam tentu jelas karena dengan mempelajari bahasa arab akan mudah untuk memahami dan mempelajarinya. 2. Memudahkan untuk mempelajari keilmuan Umat Islam dapat lebih mudah mempelajari ilmu dari para ulama. Baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Seseorang dapat memahami lebih mudah arti dari karya ulama yang asli tanpa mengandalkan terjemahan. 3. Mudah untuk memahami dan meresapi bacaan Shalat dan Zikir Ibadah shalat dan zikir jelas menggunakan bahsa arab bukan? Jika kita bisa berbahasa arab maka kita juga akan mudah untuk memahami dan meresapi bacaan tersebut.

4. Memperbaiki Akhlak Belajar bahasa arab juga diyakini dapat mengubah akhlak seseorang menjadi lebih baik, seperti yang disampaokan oleh Ibnu Taimiyah “Perhatian akan bahasa arab ini sangat berpengaruh bagi daya itelektualitas, moral dan agama seseorang”.

5. Mudah mendapatkan pekerjaan Orang yang memahami dan terampil berbahasa arab ia akan sangat dibutuhkan diantaranya sebagai penerjemah, guide berbahasa Arab, pembimbing haji dan lain sebagainya. Bahasa Arab adalah bahasa yang lembut dan lebih mengenakkan hati, serta menentramkan jiwa Imam Ibnu Katsir pernah berkata “karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, luas, dan paling banyak menentramkan jiwa”. Pembelajaran bahasa diperlukan agar seseorang dapat bekomunikasi dengan baik dan jelas mau secra lisan maupun secara tulisan.

Tujuan mempelajari bahasa Arab adalah untuk menguasai ilmu berbahasa arab seperti muthala’ah, muhadatsah, nahwu dan shorof serta lainnya. Sehingga memperoleh kemahiran berbahsa yang meliputi menimak, membaca, meulis dan berbicara.

Tujuan umum mempelajari bahasa Arab adalah: 1. Mempermudah untuk berkomunukasi dengan orang Timur Tengah, Afrika (Arab). 2. Dapat mengetahui kaidah kaidah bahasa Arab. 3. Mempermudah belajar Al-Qur’an. 4. Memperdalam pemahaman tentang agama Islam. 5. Menambah pengetahuan secara Global. 6. Dan juga karena bahasa Arab telah menjadi bahasa resmi di 25 negara.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image