Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image John P

Ini Perbedaan Threads dengan Instagram

Teknologi | Saturday, 08 Jul 2023, 09:43 WIB

Instagram dan Threads adalah dua aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan yang sama, yaitu Meta. Meskipun keduanya dirancang untuk membantu pengguna berinteraksi dengan teman-teman dan berbagi konten, ada beberapa perbedaan penting antara kedua aplikasi tersebut. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang perbedaan antara Threads dan Instagram.

Fokus Utama

Instagram adalah platform media sosial yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto, video, dan cerita dengan pengikut mereka. Fitur utama Instagram adalah pengunggahan konten, penjelajahan konten dari pengguna lain, dan interaksi melalui komentar dan suka. Instagram menawarkan berbagai fitur seperti feed, stories, IGTV, dan direct messages.

Di sisi lain, Threads adalah aplikasi terbaru yang dirancang khusus untuk berkomunikasi dengan teman-teman terdekat. Fokus utama Threads adalah interaksi pribadi dan real-time dengan teman-teman terpilih dalam daftar teman terdekat pengguna di Instagram. Dalam Threads, pengguna dapat dengan mudah mengirim pesan, foto, dan video kepada teman-teman mereka.

Koneksi dengan Instagram

Salah satu perbedaan utama antara Threads dan Instagram adalah hubungan mereka dengan platform Instagram. Threads membutuhkan akun Instagram untuk digunakan. Saat Anda masuk ke Threads, aplikasi akan menghubungkan langsung dengan akun Instagram Anda dan menampilkan daftar teman-teman terdekat dari Instagram sebagai daftar kontak dalam Threads.

Instagram, di sisi lain, adalah platform independen yang dapat diakses secara terpisah tanpa harus menggunakan Threads. Pengguna Instagram dapat tetap menggunakan aplikasi Instagram untuk berbagi konten, menjelajahi feed pengguna lain, dan berinteraksi dengan pengguna Instagram lainnya tanpa harus menggunakan Threads.

Lihat juga: Sound of Text WA

Privasi dan Kontrol

Threads menempatkan penekanan yang lebih besar pada privasi dan kontrol bagi pengguna. Pengguna Threads memiliki opsi untuk mengelompokkan teman-teman terdekat dalam kategori yang berbeda dan memilih untuk berbagi status dan lokasi hanya dengan teman-teman yang mereka pilih. Ini memberikan pengguna kontrol yang lebih besar atas siapa yang dapat melihat informasi mereka dan seberapa banyak informasi yang mereka bagikan.

Instagram, meskipun juga memiliki beberapa opsi privasi dan kontrol, umumnya lebih terbuka secara publik. Konten yang diunggah di Instagram secara default terlihat oleh semua pengikut dan pengguna Instagram lainnya kecuali jika pengguna mengatur privasi untuk membatasi audiens tertentu.

Fitur-fitur Tambahan

Selain perbedaan dalam fokus utama, Threads dan Instagram juga memiliki fitur-fitur tambahan yang berbeda. Threads menawarkan fitur "Status" yang memungkinkan pengguna membagikan keadaan mereka, seperti apa yang mereka lakukan atau perasaan mereka saat ini, dengan teman-teman terdekat. Instagram, di sisi lain, menawarkan fitur-fitur seperti stories, IGTV, Reels Instagram dan fitur pengeditan foto yang lebih canggih.

Meskipun Threads dan Instagram merupakan produk dari perusahaan yang sama, keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam fokus, penggunaan, dan fitur-fitur yang ditawarkan. Instagram adalah platform media sosial yang lebih umum digunakan untuk berbagi konten secara publik, sementara Threads adalah aplikasi pesan yang lebih berfokus pada komunikasi pribadi dengan teman-teman terdekat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image