Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yusfi Wawan Sepriyadi

Silabus Cinta, Bangga, dan Pahan Rupiah Diluncurkan

Eduaksi | Saturday, 01 Jul 2023, 22:32 WIB
KPW BI Purwokerto bersinergi dengan Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Banyumas Jum'at (30/06)

PURWOKERTO-Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) BI Purwokerto bersinergi dengan Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Banyumas untuk bersama-sama memasyarakatkan Cinta Bangga dan Paham (CBP) Rupiah dengan cara memasukkan tema Cinta Bangga dan Paham Rupiah kedalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Launching Silabus Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah dilakukan saat pembukaan Galeri Karya Kreatif Serayu di Rita Super Mal Purwokerto oleh Bupati Banyumas Achmad Husein Jum'at (30/06).

Menurut Kepala KPW BI Purwokerto Rony Hartawan mengatakan P5 merupakan salah satu inovasi dalam kurikulum merdeka yang bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman nyata dalam mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila melalui serangkaian aktivitas projek pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas. Projek tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk ‘mengalami pengetahuan’ sebagai sebuah proses penguatan karakter sekaligus sebagai bentuk belajar secara nyata dari lingkungan sosialnya.

"Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi utama yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Bergotong-royong, Mandiri, Bernalar kritis dan Kreatif," katanya, Sabtu (01/07).

Aksi nyata memasukkan tema Cinta, Bangga dan Paham Rupiah kedalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertujuan mewujudkan nilai luhur Pancasila melalui kecintaan terhadap Bangsa dan Negara yang tercermin dengan cinta, bangga dan paham rupiah sebagai mata uang Negara Kesatuan Republik Indonesia

Dalam mewujudkan hal tersebut Bank Indonesia bekerja sama dengan Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Banyumas menyusun silabus cinta, bangga dan paham Rupiah kedalam tema pembelajaran yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Selain silabus tersebut, Komunitas Guru Penggerak juga berinisiatif untuk melakukan lomba kreasi CBP melalui gerak tari dan lagu yang ditampilkan dalam acara KKS 2023 serta game-game menarik di CBP Corner KKS 2023 yang digelar 30 Juni hingga 2 Juli 2023 di Rita Super Mall Purwokerto.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image