Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kang Guru

Cara Menjaga Kesehatan Hati Secara Islami dan Medis

Guru Menulis | Saturday, 01 Jul 2023, 16:56 WIB
BELAJAR BERHATI-HATI
Ilustrasi Koleksi Kang Guru dibuat dengan Bing Image Creator

RETIZEN.REPUBLIKA.CO.ID. Hati adalah organ yang sangat penting bagi tubuh dan jiwa kita. Hati memiliki banyak fungsi, seperti menetralisir racun, menghasilkan protein, membantu proses pembekuan darah, memproduksi empedu, dan menyimpan energi. Hati juga merupakan tempat bersemayamnya iman, akal, dan perasaan. Oleh karena itu, hati harus dijaga agar tetap sehat dan bersih dari segala penyakit.Hati dapat mengalami gangguan atau penyakit akibat berbagai faktor, seperti infeksi virus hepatitis, kelainan genetik, kanker, penimbunan lemak, gangguan sistem imun, penyalahgunaan alkohol, obesitas, diabetes, dan pola hidup tidak sehat. Gangguan hati dapat menimbulkan gejala seperti kulit dan mata kuning, kulit gatal dan mudah memar, cepat lelah, urine gelap, feses pucat, perut bengkak dan nyeri, pusing dan muntah, nafsu makan hilang, kaki dan pergelangan kaki bengkak.Untuk mencegah dan mengatasi gangguan hati, kita perlu menjaga kesehatan hati secara islami dan medis.
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan:

1. Berpikir dengan kaidah yang benar

Berpikir yang benar adalah awal dari hati yang baik pula. Jika pemikiran kita tidak dikontrol, selalu berpersepsi negatif maka yang ada kerusakan hati akan menghampiri manusia. Kita harus berpikir dengan objektif, yaitu berpikir sesuai dengan faktanya bukan atas apa yang dibicarakan oleh orang lain. Kita juga harus berpikir positif dan mengambil hikmah dari setiap kejadian.

2. Selalu bersyukur

Selalu bersyukur akan membuat manusia akan senantiasa bahagia dan merasakan kenikmatan dalam hidup. Bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan kepada kita akan membuat hati kita menjadi tenteram dan ridha. Bersyukur juga akan membuat kita lebih mudah mendapatkan rezeki dan keberkahan dari Allah.

3. Memperbanyak dzikir

Memperbanyak dzikir adalah salah satu ibadah untuk mengingat dan mendekatkan diri dengan Allah Ta'ala. Dzikir dapat membersihkan hati dari sifat-sifat tercela, seperti dengki, iri, sombong, putus asa, dan sebagainya. Dzikir juga dapat menenangkan hati dari stres dan kegelisahan. Kita harus berusaha untuk senantiasa berdzikir di tengah-tengah kesibukan, sesudah sholat dan sebelum tidur.

4. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan hati secara islami. Al-Quran adalah obat bagi hati yang sakit dan petunjuk bagi hati yang tersesat. Membaca Al-Quran dapat memberikan ketenangan, kecerahan, kebijaksanaan, dan kekuatan bagi hati kita. Membaca Al-Quran juga dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah.

5. Sholat

Sholat adalah tiang agama dan kewajiban utama bagi setiap muslim. Sholat adalah cara untuk berkomunikasi dengan Allah dan memohon pertolongan-Nya. Sholat dapat menjaga hati dari godaan syaitan dan hawa nafsu. Sholat juga dapat menghapus dosa-dosa kita dan melindungi kita dari berbagai bahaya.

6. Mengonsumsi makanan halalan toyiban

Mengonsumsi makanan halalan toyiban adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan hati secara islami dan medis. Halalan toyiban artinya makanan yang halal lagi baik zatnya maupun cara memperolehnya¹. Makanan halal adalah makanan yang tidak haram atau tidak dilarang agama apabila mengonsumsinya, seperti babi, bangkai, darah, dan khamr. Makanan toyib adalah makanan yang baik, sehat, lezat, dan mententeramkan². Makanan halalan toyiban dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh hati untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Makanan halalan toyiban juga dapat mencegah penimbunan lemak dan racun di hati.

7. Olahraga teratur

Olahraga teratur adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan hati secara medis. Olahraga teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke hati. Olahraga teratur juga dapat membantu membakar lemak dan kalori yang berlebih di tubuh. Olahraga teratur juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood.

8. Istirahat cukup

Istirahat cukup adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan hati secara medis. Istirahat cukup dapat memberikan kesempatan bagi hati untuk beristirahat dan memulihkan diri dari kerja kerasnya. Istirahat cukup juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan imunitas tubuh. Istirahat cukup berarti tidur selama 7-8 jam setiap malam dan tidak begadang.

9. Menghindari alkohol dan obat-obatan

Menghindari alkohol dan obat-obatan adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan hati secara medis. Alkohol dan obat-obatan dapat merusak sel-sel hati dan menyebabkan peradangan, sirosis, atau bahkan kanker hati. Alkohol dan obat-obatan juga dapat mengganggu fungsi hati dalam menetralisir racun dan menghasilkan protein.

10. Memeriksakan diri secara rutin

Memeriksakan diri secara rutin adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan hati secara medis. Memeriksakan diri secara rutin dapat membantu mendeteksi adanya gangguan atau penyakit hati sejak dini. Memeriksakan diri secara rutin juga dapat membantu menentukan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi hati kita.

Referensi

(1) Makna 'Halalan Thayyiban' dalam Al-Qur'an | NU Online. https://islam.nu.or.id/post/read/112683/makna--halalan-thayyiban--dalam-al-qur-an

.(2) Arti "Halalan Thayyiban" dalam Islam dan Dalil Penyertanya - Tirto.ID. https://tirto.id/arti-halalan-thayyiban-dalam-islam-dan-dalil-penyertanya-gyDS.

(3) Konsep Halalan Toyyiban dalam Islam, Seperti Apa? - detikFood. https://food.detik.com/info-kuliner/d-5128236/konsep-halalan-toyyiban-dalam-islam-seperti-apa.

(4) Halalan Thayyiban Arab dan Artinya - Freedomnesia. https://www.freedomnesia.id/halalan-thayyiban/.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image