Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nando Rifky

7 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi, Cocok Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kuliner | Monday, 27 Dec 2021, 17:36 WIB

Protein membentuk blok bangunan organ, otot, kulit, dan hormon. Tubuh Anda membutuhkan protein untuk memelihara dan memperbaiki jaringan. Sedangkan anak membutuhkannya untuk tumbuh kembangnya.

Menurut informasi bahwa makan protein juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan lemak perut sekaligus meningkatkan massa dan kekuatan otot Anda.

Akan tetapi, diet yang tinggi protein juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, melawan diabetes, dan banyak lagi. Referensi Asupan Harian untuk protein adalah 46 gram untuk wanita dan 56 gram untuk pria.

Melansir Tastynesia.com, terdapat beberapa makanan yang mengandung protein perlu Anda ketahui. Makanan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Sehingga hal ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati makanan yang lezat dan sehat.

1. Telur

Telur utuh adalah salah satu makanan paling sehat dan bergizi yang tersedia.Makanan tersebut dalah sumber vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan pelindung mata, dan nutrisi otak yang Anda butuhkan.

Telur utuh mengandung protein tinggi, tetapi putih telur hampir mengandung protein murni .Telur dan makanan yang mengandung telur tidak cocok untuk penderita alergi telur.

Protein: 33% kalori dalam telur utuh. Satu telur besar memiliki 6 gram protein dan 78 kalori.

2. Dada Ayam

Dada ayam adalah salah satu makanan kaya protein yang paling populer.Jika Anda memakannya tanpa kulit , sebagian besar kalorinya berasal dari protein.

Dada ayam juga sangat mudah dimasak dan serbaguna. Ini bisa terasa lezat di berbagai hidangan.

Baca Juga: Resep Ayam Kecap Pedas Manis

3. Susu

Susu mengandung sedikit dari hampir setiap nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Susu adalah sumber protein berkualitas tinggi yang baik, dan tinggi kalsium, fosfor, dan riboflavin (vitamin B2).

Jika Anda khawatir tentang asupan lemak Anda, susu rendah atau nol lemak adalah pilihan.Bagi mereka dengan intoleransi laktosa , mengkonsumsi susu dapat menyebabkan gejala gastrointestinal. Orang dengan alergi susu juga dapat mengalami gejala yang parah, jadi susu sapi juga bukan pilihan yang cocok untuk mereka.

Bagi mereka yang ingin minum susu tetapi tidak dapat mentolerirnya atau mengikuti pola makan nabati murni, alternatifnya termasuk susu kedelai.

Protein: 21% kalori. Satu cangkir susu murni mengandung 8 gram protein dan 149 kalori (10Sumber Tepercaya). Satu cangkir susu kedelai mengandung 6,3 gram protein dan 105 kalori.

4. Brokoli

Brokoli adalah sayuran sehat yang menyediakan vitamin C, vitamin K, serat, dan potasium.Ini juga menyediakan nutrisi bioaktif yang dapat membantu melindungi terhadap kanker.

Kalori untuk kalori, itu tinggi protein dibandingkan dengan kebanyakan sayuran.

Protein: 33% kalori. Satu cangkir (96 gram) brokoli cincang memiliki 3 gram protein dan hanya 31 kalori.

5. Daging Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak mengandung protein tinggi, serta zat besi yang sangat tersedia secara hayati , vitamin B12, dan sejumlah besar nutrisi penting lainnya.

Perlu diketahui, daging sapi cocok untuk orang yang menjalani diet rendah karbohidrat .

Protein: 53% kalori. Satu porsi 3 ons (85 gram) steak sirloin tanpa lemak mengandung 25 gram protein dan 186 kalori.

6. Ikan Tuna

Tuna adalah jenis ikan yang populer . Anda bisa memakannya panas dalam berbagai hidangan panggang atau dingin dalam salad.

Kadar ikan Tuna rendah lemak dan kalori tetapi sumber protein yang kaya.Seperti ikan lainnya, tuna merupakan sumber berbagai nutrisi yang baik dan mengandung lemak omega-3

7. Selai Kacang

Selai Kacang juga mengandung banyak kalori, tetapi porsi terkontrol dapat menambahkan lemak tak jenuh dan dosis protein ke dalam makanan seseorang. Orang yang ingin makan selai kacang dengan sehat harus memilih yang tanpa gula atau minyak.

Protein : Selai Kacang ini mengandung 9,6 kal, 3,6 gram protein dan 8,2 gram lemak.

Ada banyak sumber protein potensial yang dapat dipilih orang ketika mencoba menurunkan berat badan. Banyak sumber protein menawarkan nutrisi tambahan yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan juga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image